Dosen Unimal Lakukan Penyuluhan Teknik Peningkatan Produksi




 

Lhoksukon, Jaringanberitaaceh.com – Masyarakat ikut penyuluhan teknik peningkatan produksi melalui Sistem Tumpang Sari Jagung (Zeamay, S), dan Kedelai (Glycine max L Merril) dengan pemakaian pupuk kandang sapi pada lahan Kritis marginal, di Gampong Paloh Raya,Kabupaten Aceh Utara, (20/11/2021).

Dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dosen Fakultas Pertanian Unimal  melakukan penyuluhan Pertanian di Gampong Paloh Raya, Kbupaten Aceh Utara.

Adapun materi penyuluhan pertanian tersebut tentang penyuluhuan teknik peningkatan produksi melalui Sistem Tumpang Sari Jagung (Zeamay,S), dan Kedelai (Glycine max, L. Merril) dengan pemakaian pupuk kandang sapi pada lahan kritis marginal.

Kegiatan pengabdian tersebut dilaksanakan mengingat pentingnya materi penyuluhan tersebut untuk masyarakat, supaya dapat memanfaatkan lahan kritis marginal tersebut yang sangat susah untuk ditanami tanaman, apalagi dengan memakai sistem mono kultur yang selama ini dilakukan.

Tim terdiri dari ketua, Dr. Ir. Jamidi Nurdin, M.P, DR. Ir Nasruddin, S.P, MP juga terlibat beberapa mahasiswa fakultas pertanian Unimal.

“Kegiatan penyuluhan kali ini merupakan wujud implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kami juga mengucapkan terima kasih pada seluruh jajaran aparatur gampong, terutama masyarakat yang sangat antusias dan mengikuti kegiatan ini dengan baik dan tertib” ucap Dr. Ir Jamidi.

Jamidi Nurdin menyebutkan tujuan diadakan penyuluhan pertanian ini agar aparatur gampong dan masyarakat Paloh Raya memahami secara signifikan proses peningkatan produksi melalui sistem tumpang sari jagung dan kedelai.

Menurut Dr. Jamidi Nurdin, penyampaian penyuluhan ini bagian dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Masyarakat yang berhadir juga sangat aktif dan aktif bertanya, sehingga masyarakat dapat menerapkannya di lapangan nanti.

“Ini suatu kegiatan yang penting sekali untuk kami. Di mana kami dapat berinteraksi langsung dan memberikan ilmu dan masyarakat bertanya,” ujarnya.

Disamping itu, Geuchik Gampong Paloh Raya, Hazairin Syamaun menyambut baik kegiatan pengabdian berupa penyuluhan bidang pertanian ini, yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa.

“Kami mengucapkan terima kasih, karena mau melaksanakan kegiatan penyuluhan di gampong kami. Semoga diberikan keberkahan dalam mengedukasi masyarakat,” ucap Hazairin.

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT