Dosen Prodi Agroekoteknologi Latih Konservasi Tanah bagi Petani




 

Lhoksukon, Jaringanberitaaceh.com – Tim Dosen Prodi Agroekoteknologi Universitas Malikussaleh (Unimal) melatih konservasi tanah bagi petani di Gampong Reuleut Timu, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara.

Kegiatan tersebut memberikan manfaat bagi petani, sebagai informasi dan pengetahuan dalam upaya penerapan teknik konservasi tanah secara vegetatif.

Ketua tim pengabdian, Dr Yusra menyebutkan program tersebut mampu meningkatkan motivasi petani mitra untuk pemanfaatan lahan terlantar, meningkatkan konservasi tanah serta pendapatan petani, dan membimbing petani untuk memanfaatkan limbah pertanian sebagai kompos.

Manfaat lainnya dapat menambah unsur hara dalam tanah, dapat memperbaiki struktur tanah yang semula padat menjadi granuler, meningkatkan daya simpan air di tanah, meningkatkan populasi mikroorganisme, dan memperbaiki tata udara tanah.

“Ini wujud tridarma perguruan tinggi, sebagai upaya pengabdian kepada masyarakat yang didukung Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unimal.

“Gampong Reuleut Timu masih dalam kawasan Universitas Malikussaleh, jangan hanya sebagai tempat lewat saja. Namun keberadaan Universitas dapat memberi sumbangsih bagi masyarakat sekitar, salah satunya melaui Program Pengabdian Masyarakat tentang konservasi tanah,” ungkap Yusra, Jumat (19/11/2021).

Yusra juga menyatakan begitulah yang terjadi pada masyarakat di Gampong Reuleut Timu selama ini. Para petani sudah melakukan budidaya tanaman semusim seperti jagung dan kacang tanah. Tetapi hanya secara monokultur. Namun setelah adanya kegiatan pengabdian ini mereka sangat menunjukkan ketertarikannya untuk menerapkan sistem tumpang sari tersebut. (*)

spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT