Disdik Aceh Ciptakan Aplikasi “SiJempol” untuk Tingkatkan Mutu Pendidikan

Banda Aceh, Jaringanberitaaceh.com – Kepala UPTD Balai Tekkomdik, T. Fariyal, MM menyebutkan Dinas Pendidikan (Disdik) Aceh telah menciptakan Sistem Jejaring Media Pembelajaran Online (SiJEMPOL) untuk meningkatkan mutu pendidikan di Aceh.

“Dinas Pendidikan sudah berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan mutu dan motivasi belajar siswa. Kita telah membuat aplikasi yang namanya SiJEMPOL Aceh, dan akan segera kita launching,” kata Fariyal, Selasa (22/6/2021).

Menurutnya aplikasi SiJEMPOL merupakan portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antara siswa dan guru di Aceh.

“SiJEMPOL Aceh hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran baru yang nantinya dapat dimanfaatkan siswa dan guru di Aceh,” terangnya.

Selain itu, Fariyal berharap, seluruh sekolah yang ada di Aceh kedepannya akan diterapkan sistem pembelajaran dengan menggunakan komputerisasi dengan menggunakan laptop dan infokus dalam berdiskusi dan membahas soal-soal untuk melatih kemampuan berfikir tingkat tinggi para siswa atau Higher Order of Thinking Skill (HOTS).

“Harapan kita, ke depan seluruh sekolah di Aceh bisa belajar melalui laptop dan infokus, jadi kita akan melakukan sistem komputerisasi dalam pembelajaran dengan berdiskusi dan membahas soal-soal. Itu merupakan sistem untuk melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa,” ujarnya.

Kemampuan tersebut, kata Fariyal, merupakan suatu kemampuan berpikir yang tidak hanya membutuhkan kemampuan mengingat saja, namun membutuhkan kemampuan lain yang lebih tinggi, seperti kemampuan berpikir kreatif, logis dan kritis. (Red)

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT