Tragis!! Pesawat Yeti Airlines Jatuh di Nepal

Jaringanberitaaceh.com- Pesawat Yeti Airlines yang mengangkut 72 orang jatuh di Sungai Seti, Nepal, pada Minggu, 15 Januari 2023.

Tragedi kecelakaan pesawat Yeti Airlines tersebut masih menjadi sorotan dunia.

Seorang warga yang merekam detik-detik Pesawat Yeti Airlines sebelum jatuh berkeping-keping di Nepal.

Pesawat terlihat tiba-tiba menukik jatuh ke arah jurang di wilayah Pokhara, Nepal.

Insiden ini adalah kecelakaan pesawat terburuk di Nepal selama tiga dekade terkini.

Berikut adapun lima fakta kecelakaan pesawat di Nepal pada akhir pekan lalu.

1. Dari 72 Penumpang, 68 tewas

korban tewas dalam kecelakaan pesawat di dekat Pokhara, Nepal, mencapai 68 orang. Pesawat itu membawa 72 orang, yakni 68 penumpang dan empat kru.

Petugas menemukan dua jasad pada Senin, 16 Januari, 2023. lalu petugas pun masih melakukan pencarian di ngarai yang menjadi lokasi kecelakaan.

Tercatat ada 15 warga negara asing yang menumpangi pesawat tersebut. Namun, nasib mereka belum jelas atau termasuk mayat yang belum teridentifikasi.

Ke-15 penumpang itu adalah lima warga India, empat warga Rusia, dua warga Korea Selatan, dan masing-masing satu dari Irlandia, Australia, Argentina, dan Prancis.

Juru bicara kepolisian setempat, Gyan Khakda, menyebut sejauh ini 31 jenazah telah diidentifikasi. Sedangkan jasad warga negara asing dan jasad yang tidak bisa dikenali akan dibawa ke Kathmandu untuk identifikasi lebih lanjut.

2. Kotak Hitam Ditemukan

Associated Press melaporkan, kotak hitam dan rekaman suara kokpit pesawat ATR 72 Yeti Airlines telah ditemukan. Juru bicara Badan Penerbangan Sipil Nepal, Jagannath Niraula, menyebut kotak hitam dan rekaman kokpit akan diserahkan kepada penyidik.

Sejauh ini, penyebab kecelakaan pesawat Yeti Airlines ini belum diketahui. Saksi mata menyebut pesawat itu terbang rendah sebelum tiba-tiba berbelok dan jatuh ke ngarai.

3. Insiden Terekam Kamera

Diwas Bohora, warga setempat yang kebetulan merekam detik-detik kecelakaan, menyebut pesawat itu terbang rendah lalu tiba-tiba berbelok ke arah kiri.

Pesawat itu kemudian jatuh di ngarai dan menimbulkan ledakan dan guncangan seperti gempa.

Gaurav Gaurung, saksi mata lain menuturkan, pesawat berpusing dengan ganas di udara. Pesawat lalu jatuh menukik ke arah kiri kemudian meledak di ngarai.

Rekaman detik-detik kecelakaan pesawat Yeti Airlines ini pun viral di media sosial. Seorang penumpang disebut menyiarkan secara langsung detik-detik kecelakaan pesawat di Nepal tersebut.

4. Korban Terbakar Hidup-Hidup

Perdana Menteri Nepal Pushpa Kamal mengaku mengerahkan tentara polisi dengan kekuatan penuh ke lokasi kecelakaan. Sebelumnya, warga sekitar mendatangi lokasi kecelakaan lebih dulu.

Bishnu Tiwari, warga setempat, bersegera menuju lokasi kecelakaan yang terletak dekat Sungai Seti, di bagian barat Nepal. Ia mengaku upaya pencarian terhambat asap tebal dan besarnya api.

Sebagian korban tewas diduga masih hidup ketika pesawat meledak di ngarai. Tiwari mengaku mendengar suara seorang penumpang pria yang menjerit minta tolong.

5. Catatan Buruk Penerbangan Nepal

Nepal memiliki sejarah penerbangan sipil yang mematikan. Menurut data Flight Safety Foundation’s Aviation Safety, terdapat 42 kecelakaan pesawat fatal di Nepal sejak 1946.

Badan Penerbangan Sipil Nepal, dalam sebuah laporan pada 2019, menyinggung “topografi berbahaya” dan “pola cuaca yang beraneka” sebagai tantangan utama operasi penerbangan di negara itu.

Nepal sendiri merupakan tempat delapan dari 14 gunung tertinggi sedunia.

Kecelakaan pesawat di dekat Pokhara merupakan kecelakaan pesawat paling mematikan di Nepal sejak 1992.

Waktu itu, sebuah pesawat Pakistan International Airlines menabrak sebuah bukit di dekat Kathmandu, menewaskan 167 orang.

TERBARU

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT