Rorena Polda Aceh Perkenalkan Aplikasi Pengendalian Anggaran

Banda Aceh — Biro Perencanaan Anggaran (Rorena) memperkenalkan aplikasi pengendalian anggaran yang diberi nama Sidalang. Sosialisasi aplikasi tersebut dilaksanakan di Aula Machdum Sakti Polda Aceh pada Rabu, 25 Oktober lalu.

Aplikasi Sidalang tersebut diciptakan oleh
Kabagdalprogar AKBP Iskandar Zulkarnaen Sitorus Pane SIK MH. Terobosan itu merupakan yang pertama di Polda Aceh dan dibuat khusus untuk mengendalikan anggaran.

“Sidalang adalah aplikasi khusus tentang pengendalian anggaran yang sudah direncanakan sampai pada item-item pelaksanaan secara terperinci terhadap kegiatan 48 satuan kerja jajaran Polda Aceh,” kata AKBP Iskandar Zulkarnaen Sitorus Pane SIK MH. Dalam keterangannya di Polda Aceh, Rabu, 1 November 2023.

Sebelum aplikasi Sidalang disosialisasi atau diperkenalkan, kata Iskandar S Pane, Polda Aceh masih melakukan pelaporan realisasi anggaran melalui aplikasi Sakti Kemenkeu RI.

“Aplikasi Sidalang untuk pengembangan data Polda Aceh secara valid. Sebelum masuk tahap peluncuran, aplikasi ini perlu diperkenalkan kepada para operator agar lebih mengenal apa itu Sidalang dan kegunaannya,” ujarnya.

Secara rinci, Iskandar S Pane juga menjelaskan, aplikasi Sistem Pengendalian Anggaran atau Sidalang Polda Aceh adalah aplikasi yang digunakan untuk memonitoring realisasi atau penyerapan anggaran secara detail dan akurat, dengan tidak mengubah isi detail yang ada pada rincian kertas kerja satker di aplikasi Sakti Kemenkeu RI.

Aplikasi Sidalang itu sendiri juga dapat digunakan sebagai bahan anev penyerapan anggaran Polda Aceh baik harian, mingguan, bulanan, maupun tahunan. Sidalang juga dapat memberikan informasi kegiatan secara detail kepada pimpinan, yaitu Kapolda Aceh.

BERITA MINGGUAN

TERBARU

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT