Puluhan Peserta Kayoh Jaloe Berpacu di Krueng Lamnyong

BANDA ACEH – Puluhan pedayung dari 21 kabupaten/kota di Aceh berpacu dalam perlombaan Kayoh Jaloe di Krueng Lamnyong, Banda Aceh, Senin, 6 November 2023.

Lomba Kayoh Jaloe merupakan serangkaian kegiatan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8. Lomba ini diadakan sebagai bentuk melestarikan kembali permainan tradisional Aceh.

Dalam pelaksanaannya, lomba Kayoh Jaloe terbagi dalam tiga babak, yakni penyisihan, semifinal, dan final.

Sebelum pertandingan dimulai, masing-masing peserta terlebih dahulu dipanggil oleh wasit untuk memasuki lintasan sesuai nomor urut. Setiap perahu didayung dua orang dengan jarak 200 meter.

Adapun 21 kabupaten/kota yang ikut dalam perlombaan Kayoh Jaloe yaitu Aceh Tamiang, Aceh Singkil, Pidie, Sabang, Bireuen, Aceh Jaya, Aceh Barat, Abdya, Simeulue.

Kemudian Aceh Tenggara, Banda Aceh, Nagan Raya, Aceh Tengah, Bener Meriah, Aceh Besar, Aceh Timur, Subulussalam, Aceh Selatan, Aceh Utara, Langsa, dan Pidie Jaya (Pijay).

Wasit Komisi Kontrol, M Nizal mengatakan, dalam perlombaan Kayoh Jaloe pihaknya hanya menerima 21 kabupaten/kota yang mendaftar, sementara dua daerah lainnya tanpa keterangan.

“Kami hanya menerima nama-nama kabupaten/kota yang sudah mendaftar ini saja, dari 21 daerah itu tiga diantaranya Banda Aceh, Bener Meriah, dan Pijay didiskualifikasi lantaran tidak hadir ke lokasi,” katanya.

Nizal menyebutkan, perlombaan Kayoh Jaloe ini dipimpin oleh enam orang wasit yang ketuai Sukardi Putra.

Ia mengaku, sejauh ini pelaksanaan lomba Kayoh Jaloe belum ada kendala. “Cuaca bagus, cerah, hanya saja air Krueng Lamnyong sedikit keruh. Tapi semua peserta bertanding dalam kondisi baik,” ujarnya.

Dari babak penyisihan, sebut Nizal, 10 kabupaten/kota sudah lolos masuk ke babak semifinal. Pertandingan selanjutnya akan dimulai pada pukul 14.00 WIB.

“10 daerah sudah masuk semi final yaitu Nagan Raya, Aceh Jaya, Aceh Singkil, Aceh Timur, Langsa, Sabang, Aceh Barat, Aceh Tengah, Aceh Utara, dan Aceh Besar,” tuturnya.

TERBARU

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT