Pj Bupati Aceh Besar bersama Masyarakat Salat Idul Adha di Masjid Al Munawwarah

Jantho – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto bersama Aparatur Sipil Negara (ASN) dan ribuan masyarakat menunaikan salat Idul Adha 1444 Hijriah di Lapangan Masjid Al Munawwarah, Kota Jantho, Aceh Besar, Kamis, 29 Juni 2023.

Seluruh kaum muslimin dan muslimat sudah mendatangi Masjid Agung Al-Munawwarah pukul 07.30 WIB, sementara pelaksanaan ibadah salat Idul Adha pada pukul 08.30 WIB. Seperti yang terpantau di Masjid Agung Al-Munawwarah yang terletak tengah-tengah Kota Jantho.

Pelaksanaan salat Idul Adha 1444 H kali ini berlangsung dengan lancar dan khidmat, sementara yang bertindak sebagai khatib Imam Besar Masjid Agung Almunawwarah Kota Jantho Tgk Junaidi Nasruddin.

Khatib memberikan pencerahan tentang masalah meningkatkan rasa syukur serta lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kemudian juga mengajak semua kaum muslimin untuk saling berbagi bila mampu untuk meringankan beban saudara-saudara kita yang ekonomi lemah, sehingga sama-sama dapat merasakan kenikmatan pada Idulqurban ini.

Ia juga mengajak seluruh jemaah agar selalu membuka diri untuk saling memaafkan, rendah diri, dan ikhlas dalam berbagi sesama umat manusia. Hal itu sebagaimana kisah Nabi Ibrahim AS, yang kala itu bersedia rela mengorbankan putra kesayangannya Nabi Ismail AS, untuk dikurbankan sebagai bentuk ketaatan dan kerendahan diri kepada Allah SWT.

Usai pelaksanaan shalat Ied, Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto dan beberapa unsur Forkopimda, didampingi Sekda Aceh Besar Drs. Sulaimi dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah (OPD) serta seluruh jajarannya bersilaturahmi dan saling bersalaman-salaman dengan para jamaah yang hadir.

Selanjutnya Pj Bupati bersama Forkopimda dan Sekda serta Kepala OPD menyaksikan pemotongan hewan kurban di komplek Masjid Al-munawwarah Kota Jantho, dan Kabupaten Aceh Besar. Tahun ini, ada 1.780 ekor sapi dan kambing kurban sebagaimana yang telah dilaporkan oleh Kadis Syariat Islam Aceh Besar Rusdi, kemungkinan besar ada penambahan di beberapa kecamatan.

Tidak hanya itu, Pj Bupati Aceh Besar juga melaksanakan open house di Meuligoe, acara itu dihadiri oleh para unsur Forkopimda, tokoh agama, dan alim ulama serta masyarakat Aceh Besar.

Iswanto mengatakan, Open House digelar sebagai cara untuk menjaga silaturahmi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan masyarakat, terutama di momen lebaran Idul Adha 1444 H.
“Silaturahmi mengandung makna kerelaan untuk saling memaafkan, menjaga kerukunan, persatuan dan kesatuan,” kata Pj Bupati Aceh Besar.

Iswanto mengatakan, atas nama Pemkab Aceh Besar dan pribadi serta keluarga mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha kepada masyarakat Aceh Besar.
“Atas nama pemerintah, kepada seluruh masyarakat, kami mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 1444 H, taqabbalallahu minna wa minkum, minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin,” ucap Iswanto.

Berkurban pada hari raya Idul Adha memiliki nilai keutamaan dan kemuliaan yang sangat tinggi, dan merupakan salah satu perbuatan yang sangat disenangi oleh Allah SWT. Karenanya, Allah segera mempersiapkan pahala kepada orang-orang yang berkurban.

“Semoga apa yang telah kita kurbankan hari ini menjadi ladang ibadah bagi kita semua,” ungkapnya.

Oleh karenanya, Iswanto mengajak pada momentum hari raya Idul Adha kali ini dijadikan ajang untuk sama-sama berkurban dalam rangka memenuhi seruan Allah. Selain karena kemuliaan dan pahala yang sangat banyak, juga agar tidak menyia-nyiakan kesempatan ini.

“Karena anjuran ini hanya satu kali dalam setiap tahunnya, yaitu setelah salat Idul Adha (10 Zulhijah) hingga terbenamnya matahari pada 13 Zulhijah,” pungkas Iswanto.

BERITA MINGGUAN

TERBARU

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

1 KOMENTAR

Komentar ditutup.