Pengurus IKBB Hadiri Gelar Budaya Negeri Seribu Bukit




Banda Aceh – Pengurus Ikatan Keluarga Banda Baro (IKBB) Banda Aceh yang diwakili Sekretaris Zulhakki, hadiri pegelaran budaya negeri seribu bukit di Indoor Taman Budaya, Kota Banda Aceh, Rabu malam, 12 Oktober 2022.

Zulhakki yang juga pengurus Ikatan Pemuda Aceh Utara (IPAU) sangat mendukung upaya Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh mewujudkan keselarasan antara kebudayaan dengan masyarakat yang akan membias dalam wujud-wujud inovasi kesenian.

“Perkembangan zaman menyebabkan ekosistem budaya berubah. Jadi, seni selaku artefaknya wajib mengikuti. Sehingga kesenian Aceh tetap berada dalam habitat budaya masing-masing,” kata Zulhakki, mengutip pernyataan Kadisbudpar Aceh, Almuniza Kamal, Kamis, 13 Oktober 2022.

Menurutnya, pemerintah perlu melaksanakan wadah apresiasi terhadap capaian-capaian kreatifitas baru sebagai bahan baku menuju peradaban yang dinamis.

Acara Pegelaran Budaya Negeri Seribu Bukit di Indoor Taman Budaya, Kota Banda Aceh, Rabu malam, 12 Oktober 2022. Foto: Zulhakki.

Kesenian Aceh juga senantiasa berangkat dari kearifan lokal dan spirit keislaman, sehingga tidak diragukan lagi arah perkembangan budaya yang didampingi oleh seniman-seniman Aceh akan selaras dengan adat istiadat sebagai referensi karya seni yg bernuansa Islami.

“Pemerintah juga wajib berperan aktif dalam mengkuratori seni, budaya, dan kearifan lokal serta memilah berdasarkan prinsip urgensitas,” ujarnya. Zul.

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT