Kemenag Gelar Kegiatan Pendampingan Aplikasi SAKTI Tahun 2023

Jaringanberitaaceh.com, Banda Aceh- Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh menggelar Kegiatan Pendampingan Aplikasi Sakti Pada Satuan Kerja Tahun 2023, di Hotel Permata Hati, Jumat, 26 Mei 2023.

Dengan mengangkat tema pengelolaan keuangan negara yang transparan dan akuntabel melalui aplikasi sakti, kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Kakanwil Kemenag Aceh, Drs H Azhari.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengawal serta menjaga akurasi dan kualitas laporan keuangan di tingkat satker sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah agar penyajian pertanggungjawaban pelaksanaan APBN di tingkat satker lebih baik dan penguatan serta pemahaman akan implementasi aplikasi SAKTI pada satuan kerja Kementerian Agama.

Dalam arahannya Kakanwil menyampaikan bahwa aplikasi Sistem Akuntansi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) baru digunakan oleh Kemenag pada tahun anggaran 2022 maka membutuhkan waktu untuk digunakan dalam pekerjaan sehari-hari.

“Karena ini aplikasi yang belum lama kita gunakan maka bapak dan ibu agar lebih fokus dan bersemangat untuk terus belajar guna meningkatkan serta memaksimalkan pemahaman terhadap aplikasi SAKTI yang sangat dinamis agar terus diupdate,” paparnya.

Lebih lanjut Azhari menjelaskan, aplikasi SAKTI digunakan sebagai sarana bagi satker dalam mendukung implementasi Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN) untuk melakukan pengelolaan keuangan yang meliputi tahapan perencanaan sampai dengan pertanggungjawaban anggaran.

“Jadi kegiatan ini sangat penting sekali, oleh karena itu diharapkan kepada para peserta agar benar-benar memanfaatkan kegiatan ini sebaik mungkin untuk menguatkan pemahaman pada aplikasi SAKTI, jika menemukan kendala atau hal-hal yang tidak dimengerti tanyakan langsung kepada narasumber sehingga tidak ada permasalahan pelaporan keuangan yang ditimbulkan di kemudian hari,” jelasnya.

Kegiatan ini diikuti 88 orang peserta yang terdiri dari IAIN Lhokseumawe 3 orang, Kankemenag Kota Lhokseumawe 16 orang, Kankemenag Kab. Aceh Utara 33 orang, dan Kankemenag Bireuen 36 orang.

Sebagai informasi bahwa kegiatan ini adalah angkatan I dari VII angkatan yang dilaksanakan dan baru akan selesai pada tanggal 27 juni 2023 untuk angkatan ke VII.

TERBARU

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT