Kemenag Bireuen Gelar Manasik Haji Sepanjang Tahun

Bireuen, JBA – Kementerian Agama Kabupaten Bireuen melalui Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) melaksanakan kegiatan program bimbingan manasik haji sepanjang tahun pada Sabtu,12 Agustus 2023.

Pola manasik haji sepanjang tahun ini dilakukan secara sinergi antara kepala seksi penyelenggara haji dan umrah, kantor urusan agama (KUA) dan kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) yang dihadiri oleh 70 peserta calon jamaah haji Kabupaten Bireuen selama dua hari, 12-13 Agustus 2023.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Pengajian Addarul Mubarak Albakri dibuka oleh Sulaimannur, S. Ag selaku kasi PHU dan dihadiri Kasubbag Tata Usaha, para kasi/penyelenggara dan Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Salamanga sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Sulaimannur menyatakan, pelaksanaan manasik haji sepanjang tahun merupakan satu ikhtiar untuk membentuk kemandirian jamaah melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji di tanah suci secara independen.

“Ada beberapa tujuan digelarnya manasik haji sepanjang tahun. Pertama, meningkatkan kualitas pemahaman jamaah terhadap pelaksanaan ibadah haji. Kedua, meningkatkan kualitas pelaksanaan ibadah haji. Ketiga, yaitu meningkatkan dan mengembangkan materi bimbingan ibadah karena materi ini perlu terus di evaluasi,” ujarnya saat memberikan arahan pada Kegiatan Bimbingan Manasik Haji dan Umrah Sepanjang Tahun Jamaah Haji Kab. Bireuen di kecamatan Samalanga.

Lebih lanjut, Sulaimannur menjelaskan bahwa tujuan selanjutnya adalah meningkatkan kualitas strategi pelayanan bimbingan ibadah. Kelima, meningkatkan layanan ibadah haji yang dapat bersinergi dengan layanan lainnya. Keenam, meningkatkan performa dalam memberikan pelayanan ibadah haji. Dan terakhir untuk meningkatkan indeks pelayanan ibadah haji Kementerian tahun, peserta juga menerima penjelasan tentang kebijakan pemerintah dalam penyelenggaran ibadah haji 1445H/2024 M serta beberapa hal yang terkait dengan syarat pendaftaran dan pembatalan haji.

Salah satu sistem yang diubah pada tahun 2024 adalah sistem pemeriksaan kesehatan. Kasi PHU menjelaskan pada tahun 2023 calon haji diminta untuk melunasi biaya haji baru melakukan pemeriksaan kesehatan. Namun di tahun 2024,jamaah haji terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kesehatan. Bila hasil pemeriksaan kesehatan baik maka calon haji diperkenankan untuk menunasi ONH dan administrasi lainnya.

Dalam sesi terakhir, manasik haji diisi materi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bireuen, H. Ramli tentang Istithaah Kesehatan.

Dalam kesempatan tersebut, Haji Ramli memaparkan Istithaah Kesehatan bertujuan mengetahui kondisi kesehatan calon jamaah haji dan untuk menentukan kelayakan calon haji dalam menunaikan ibadah haji. Sehingga jamaah calon haji dapat menunaikan ibadah haji dengan lancar, aman, nyaman, sehat dan selamat hingga kembali lagi dari Tanah Suci.

Sebagai informasi, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi telah menginformasikan kuota haji 2024 ke sejumlah negara, termasuk Indonesia dengan kuota berjumlah 221.000 jemaah. Adapun estimasi nomor porsi haji yang akan berangkat adalah batas porsi 7.500.

Cara cek perkiraan jadwal keberangkatan haji dapat dilakukan secara online melalui aplikasi Pusaka. Selain menggunakan aplikasi Pusaka, pengecekan perkiraan jadwal keberangkatan haji secara online dapat melalui situs haji.kemenag.go.id.

TERBARU

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT