Kapolda Aceh Minta Jajarannya Adil dalam Melayani Masyarakat

Blangpidie — Kapolda Aceh Irjen Achmad Kartiko meminta personel di jajarannya untuk adil dalam melayani masyarakat. Adil yang dimaksud adalah memberi pelayanan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, sehingga kehadiran polisi benar-benar dirasakan oleh masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Achmad Kartiko saat kunjungan kerja dan memberikan arahan kepada personel Polres Aceh Barat Daya di polres setempat, Selasa, 21 November 2023.

Ia juga menyampaikan, bahwa kunjungan kerjanya ke Polres Aceh Barat Daya merupakan yang perdana setelah sebulan menjabat sebagai Kapolda Aceh. Katanya, kunjungan itu juga merupakan rangkaian kedua ke wilayah barat selatan, setelah sebelumnya telah melaksanakan rangkaian pertama ke wilayah timur.

“Kunjungan kerja ini adalah yang perdana ke Polres Aceh Barat Daya, serta bukan hanya sekadar kunjungan biasa atau formalitas, tapi upaya mengetahui secara faktual kondisi kamtibmas dan kesiapan kewilayahan dalam menghadapi Pemilu 2024,” katanya.

Selanjutnya, Achmad Kartiko mengatakan bahwa dirinya ingin membangun paradigma, bahwa polisi adalah pelayan, di mana harus melayani masyarakat, yang tentunya dengan penuh senyum, sapa, dan salam.

“Kewenangan dan tupoksi Polri sebagai alat negara bukan hanya sebagai pemelihara kamtibmas dan penegak hukum, tetapi juga sebagai pelayan masyarakat. Oleh karena itu, layani masyarakat dengan senyum, sapa, salam,” ujarnya.

Disamping itu, jenderal bintang dua itu menyampaikan, ke depan polisi memiliki tugas berat dalam menghadapi pemilu. Ia menekankan agar seluruh personel Polri menjaga netralitas. Hal itu sesuai dengan arahan dari Mabes Polri.

“Kita, anggota Polri sudah ada petunjuk dan arahan dari Mabes Polri terkait netralitas. Jangan sampai tindakan kita, baik sengaja maupun tidak sengaja dapat menimbulkan persepsi yang tidak baik atau kontroversi. Jadi, harus benar-benar kita jaga,” tegasnya

Terakhir, alumni Sespimti 2014 itu juga sangat meng-atensi soal personel Polri yang menyalahgunakan narkotika, apalagi bila sampai menjadi bagian dari jaringan peredaran narkotika itu sendiri. Bila terlibat, ia berjanji akan menindak tegas anggota tersebut sesuai aturan yang berlaku.

Sementara Kapolres Abdya AKBP Dhani Catra Nugraha, dalam kesempatannya mengucapkan selamat datang kepada Kapolda Aceh, Irwasda, para pejabat utama, beserta rombongan.

“Selamat datang Kapolda Aceh beserta rombongan, semoga berkenan dengan persiapan dan penyambutan yang kami diberikan,” ucap Dhani Catra Nugraha.

Dalam lapsatnya, Dhani juga menyampaikan Kesiapannya dalam mengamankan Pemilu 2024, di mana setiap tahapan dalam mengamankan pesta demokrasi itu telah dilaksanakan, mulai dari Latpraops hingga pelaksanaan Operasi Mantap Brata.

“Secara umum situasi di Aceh Barat Daya sangat kondusif. Begitu juga kesiapan dalam mengamankan pemilu. Kami sudah memiliki posko Operasi Mantap Brata dan posko Gakkumdu. Selain itu juga telah melaksanakan Latpraops, sispam mako, dan sispam kota, hingga patroli dialogis,” demikian, kata Dhani Catra Nugraha.

BERITA MINGGUAN

TERBARU

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT