Haul ke-386 Sultan Iskandar Muda jadi Spirit Membangun Aceh




Banda Aceh, Jaringanberitaaceh.com – Berbagai sesi dilakukan dalam upaya mengenang dan mengambil nilai keteladanan Sultan Iskandar Muda pada tahun 2022 ini, SATGAS PPA bersama seluruh komponen di Aceh termasuk pemerintah di Aceh berbagai lini terlihat antusias hadiri Haul ke-386 Sultan Iskandar Muda, selaku panitia gelaran Haul rutin tiap tahunnya kali ini menjadi momentum penguatan silaturahmi, saatnya Aceh masuki era maju bersama, Selasa, 27 Desember 2022.

Iskandar, S. Sos, M. Si selaku Ketua Panitia HAUL ke-386 Sultan Iskandar Muda 2022 menyampaikan apresiasi tinggi atas kehadiran segenap komponen di Aceh, kehadiran para undangan dan peserta Haul menurutnya paling penting sebagai momentum penguatan silaturrahmi yang pada fase ini tidak dapat dihindarkan etape maupun perjalanan Aceh hari ini Selasa, 27 Desember 2022 mencatat kehadiran Wali Nanggroe Aceh, unsur Pemerintah Aceh, Legislatif termasuk Ketua DPRA, para juriat raja-jara Aceh di 9 kawasan, kaum pencinta sejarah juga pihak lainnya menggambarkan secara nyata inilah saat untuk Aceh memasuki era maju bersama, semua lini tanpa terkecuali.

Demikian pula tanggapan yang disampaikan Mustafa Abdullah, SE dalam sesi wawancara rilis media, dirinya selaku Ketua SATGAS PPA telah 11 tahun berturut-turun menjadi pelaksana HAUL Sultan Iskandar Muda, sejak 2011 silam, pada momen akhir tahun ini, 2022, Mustafa menginginkan adanya komitmen Pemerintah Aceh juga segenap unsur pimpinan di Aceh dapat mengambil alih perjalanan penyelenggaraan HAUL Sultan Iskandar Muda di masa yang akan depan.

“Kami menganggap Haul Sultan Iskandar Muda sebagai peristiwa penting yang harus terus terselenggara rutin tiap tahunnya, karena sosok Sultan Iskandar Muda di dirinya yang telah jadi ikon kebanggaan rakyat Aceh berabad silam mencatat sejarah panjang kepemimpinan yang berhasil memajukan dan mensejahterakan bangsa Aceh, kepemimpinan sultan pada 1907 s.d. 1636 tercatat sebagai masa keemasan Kerajaan Aceh Darussalam,” ungkap Iskandar Ketua Haul.

“Sebagai Pahlawan Nasional sebagaimana ketetapan pemerintah, maka tidak berlebihan apabila kita setiap tahun memperingati HAUL Sultan Iskandar Muda yang bergelar Perkasa Meukuta Alam,” ucap Iskandar dalam sesi penyelenggaraan haul di komplek Makam Iskandar Muda, Baperis samping Pendopo/Meuligoe Gubernur Aceh, Peuniti.

Tujuan Haul menurut Iskandar antara lain; mengetahui sejarah perjalanan hidup dan kepemimpinan Sultan Iskandar Muda; menjadi spirit bagi para pemimpin Aceh dalam membangun Aceh yang lebih maju dan sejahtera di masa mendatang; edukasi bagi masyarakat luas agar mengenal sejarah Aceh untuk menanamkan kebanggaan kolektif bangsa Aceh; mengirim doa melalu zikir, tahmid, wirid kepada almarhum Sultan Iskandar Muda.

Aceh Masuki Era Maju Bersama di Momentum Haul serta Kelanjutan

Kehadiran Wali Nanggroe Aceh, perwakilan PJ Gubernur Aceh, Ketua DPRA Aceh juga sebelumnya setelah dibuka oleh Pj Walikota Banda Aceh, H. Bakri Siddig, SE, M. Si selaku Host penyelenggara Haul Sultan Iskandar Muda 2022 menjadi momentum bersatunya seluruh komponen pemangku jabatan aktif di Provinsi Aceh dalam upaya nyata sinergi penguatan silaturrahmi lintas sektor, sebagai relasi primer maupun sekunder, kehadiran para pihak di pucuk pimpinan Pemerintahan Aceh dalam pelaksanaan Haul Sultan Iskandar Muda, Aceh memasuki era baru maju bersama, tanpa lagi terlihat sarat kepentingan yang kurang harmonis antara sesamanya.

Ulama dan para umara turut melengkapi aktifitas sesi acara Haul Sultan Iskandar Muda, dalam sesi zikir dan mengirim doa di Makam Sultan Iskandar Muda, selain sebelumnya mengikuti serangkaian sesi seperti; Penyampaian Apresiasi Perwakilan Pewaris Raja Aceh yang diwakili Raja Saifullah, Pemberian Selendang Kebesaran Kesultanan Aceh Darussalam kepada Tamu-tamu Agung, Penampilan Hikayat Sultan Iskandar Muda oleh Ampon Nazar dan Ayi Chidmat, Shalawat Rapai juga Acara Puncak Tausiah Pemaparan Sejarah Sultan Islandar Muda oleh Tgk. Abdul Azis lalu bersama Wali Nanggoe para undangan seluruhnya berzirir di makam Sultan Iskandar Muda.

“Mewakili seluruh panitia, sponsorship juga relasi yang kuat dari berbagai lembaga strategis di pemerintahan maupun BUMN juga Swasta, saya menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kesediaan seluruh tamu undangan, termasuk Wali Nanggroe Aceh, YM Malik Mahmud, Muallem, Ketua DPRA, dan terutama Pj Walikota Banda Aceh sebagai host kami di momentum Haul tahun ini, terima kasih tak terhingga juga kami sampaikan kepada Kodam Iskandar Muda, Kajati Aceh, Kapolresta serta tentunya Pimpinan Polda Aceh atas lancar dan aman penyelenggaraan Haul kali ini, Alhamdulillah,” papar Mustafa Abdullah Ketua SATGAS PPA.

Dari penyelenggaraan setelah 11 kali tiap tahunnya, Wali Nanggroe Aceh serta segenap Keureukoen Lembaga Wali Nanggroe akhirnya berkesempatan hadiri Haul Sultan Iskandar Muda, karenanya momentum kali ini wajar dapat dimaknai sebagai era baru bagi Aceh untuk membangun Aceh makin sinergis, penguatan silaturrahmi seperti ini sangat potensial dilanjutkan, sebab itu, Iskandar Ketua Haul menyatakan himbauan dan anjuran kepada Pemerintah Aceh agar segera saja pelaksanaan Haul dapat diambil alih pada tahun-tahun mendatang. ”

“Kami yakin penyelenggaraan Haul ini sangat ideal disamping berbagai komponen telah kompak dan saling rangkul dalam derap langkah menyusun soliditas sesamanya, oleh sebab itu wajar kami mengetegahkan harapan agar penyelenggaraan Haul ini di masa datang dapat menjadi rutin-formal oleh Pemerintah Aceh,” harap Iskandar.

Merupakan kebanggaan dan apresiasi tinggi apabila momentum kali ini Haul bisa menyatukan berbagai pihak, Sekretasi Panitia, Muhammad MPd dalam keterangan persnya menyatakan cukup puas atas kehadiran semua pihak dalam peringatan Haul Sultan Iskandar Muda 2022.

“Era baru telah dimulai, Aceh bangun bersama, maju bersama, sejahtera bersama, poin-poin tersebutlah yang menjadi tujuan kami panitia Haul Sultan Iskandar Muda, saat melihat animo publik disokong keinginan besar publik Aceh agar teruslah mengenal, mengenang sosok Sultan Iskandar Muda sebagai spirit Aceh membangun, semoga tahun depan terus lebih baik dan mampu dipertahankan,” pungkas Muhammad.

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT