Dayah Ulumuddin Wisudakan 142 Santri

Lhokseumawe, JBA – Dayah Ulumuddin kembali melaksanakan agenda tahunan akademiknya yaitu wisuda angkatan ke-28 bagi 142 thalabah yang telah menyelesaikan pendidikannya di Dayah Ulumuddin, yang terdiri dari 54 thalabah putra dan 88 thalabah putri, maka sampai hari ini Dayah Ulumuddin telah melahirkan 3645 Alumni yang terdiri dari 1564 thalabah putra dan 2081 thalabah putri, yang tersebar di seluruh pelosok dunia dan mancanegara

“Dari jumlah yang diwisuda tersebut, tiga diantaranya diberikan penghargaan atas prestasinya. Mereka adalah yang mampu hafal quran 25 Juz dan yang menjadi juara umum atau mendapat nilai tertinggi,” ujar Ketua Panitia, Ust. Muhammad Syamaun, MA.

Disebutkan, standar pendidikan agama di dayah bagi thalabah, meliputi mampu membaca kitab kuning (i’anatut thalibin), praktik ibadah, yang meliputi khutbah jumat, tatalaksana shalat jenazah dan manasik haji, menguasai dua bahasa, arab dan inggris. Lalu kemampuan membaca quran, yang meliptui tahsin dan tahfiz.

“Jadi sudah ditentukan ayat-ayat tertentu yang harus dihafal Thalabah sebagai syarat untuk lulus,” kata Ust. Muhammad.

Sementara itu Pimpinan Dayah Ulumuddin Tgk. H. Syamaun Risyad Lc, saat menyampaikan tausiah berpesan kepada thalabah supaya menjaga nama baik dayah dan terus meningkatkan kemampuan dengan melanjutkan pendidikan tingkat yang lebih tinggi.

“Kami berharap dukungan semua pihak, sehingga pendidikan di dayah dapat terus dikembangkan,” pungkas Syech.

BERITA MINGGUAN

TERBARU

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT