Cuaca Ekstrem Landa Aceh, PLN Siaga Atasi Gangguan Listrik




Banda Aceh, Jaringanberitaaceh.com – Cuaca ekstrem, angin kencang disertai hujan lebat melanda hampir seluruh wilayah di Aceh dalam beberapa hari ini.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Kelas Satu Sultan Iskandar Muda Banda Aceh menjelaskan seluruh kabupaten/kota di Aceh berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, disertai petir dan angin kencang.

Cuaca buruk yang terjadi juga berdampak terhadap terganggunya aliran listrik hampir di seluruh Aceh, sehingga PLN dengan sigap melakukan pemulihan kelistrikan terdampak cuaca buruk.

PLN juga terus mengimbau masyarakat untuk selalu berhati-hati terhadap bahaya listrik dengan kondisi cuaca yang sangat ekstrim pada musim penghujan tahun ini. Karena kondisi cuaca ekstrem seperti saat ini rentan bahaya listrik baik yang disebabkan hujan lebat, angin kencang, petir dan pohon tumbang.

“Apabila ada pohon tumbang yang mengenai jaringan listrik, kami meminta masyarakat tidak menangani sendiri dan segera melaporkan kepada PLN. Jika aliran listrik masih menyala, PLN akan memadamkan sementara sebagai tindakan antisipatif terhadap bahaya,” tutur Ridwan Saputra selaku Manajer Komunikasi dari TJSL PLN UIW Aceh, di Banda Aceh, Sabtu, 1 Oktober 2022.

Harapannya, jika masyarakat melihat potensi bahaya listrik, hendaknya tidak menangani sendiri dan segera melaporkan ke PLN melalui kontak centre PLN 123 atau PLN Mobile, agar segera dapat ditangani oleh petugas. Selain itu, disarankan jaga jarak antara bangunan/pohon/baliho dengan jaringan listrik minimal 2,5 meter dan tidak bermain layang-layang dekat jaringan listrik.

“Kalau aliran listrik masih menyala, PLN akan memadamkan sementara sebagai tindakan antisipatif terhadap bahaya,” pungkasnya.

Langkah cepat yang dilakukan untuk penormalan kelistrikan oleh PLN adalah menerjunkan petugas ke lapangan untuk melakukan pemeliharaan, pembersihan dan penormalan jaringan secara bertahap.

Diharapkan dengan adanya langkah ini disertai dengan aspek keamanan dan keselamatan, penormalan listrik di wilayah Aceh yang terdampak cuaca ekstrem dapat berlangsung cepat dan aman.

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT