Demo Tolak RKUHP, Mahasiswa Bakar Ban di Depan DPRD Jabar




Bandung – Mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi mulai membakar ban saat demo menolak Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) di depan Gedung DPRD Jawa Barat, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis, 30 Juni 2022.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com di lokasi, massa mahasiswa membakar ban sekitar pukul 15.00 WIB. Demonstran yang diperkirakan berjumlah ratusan orang masih terus bertahan menyampaikan berbagai macam orasi.

Asap membumbung tinggi saat beberapa ban bekas dibakar massa yang berunjuk rasa.

Mereka yang menggelar aksi unjuk rasa berasal dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Universitas Padjadjaran, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Unikom, Telkom University, dan IKOPIN.

Mahasiswa dalam aksinya juga membawa sejumlah atribut dari kampus masing-masing dan sejumlah poster berisi penolakan terhadap RKUHP.

Sementara itu, gerbang Gedung DPRD Jabar dipasangi kawat berduri. Petugas kepolisian juga berjaga di halaman Gedung DPRD Jabar dengan ketat.

Alby Rizla selaku perwakilan aksi unjuk rasa ini merupakan desakan kepada DPRD Jabar agar mengaspirasikan kepada DPR pusat agar membuka draf RKUHP.

“Kami mendesak pemerintah buka draf naskah RKUHP dan penekanan politik kepada DPRD Jawa Barat untuk bisa menyampaikan aspirasi mahasiswa di Jawa Barat ke DPR RI,” kata Alby.

Diketahui, hingga kini draf RKUHP terbaru belum bisa diakses publik meskipun disebut bakal disahkan jadi undang-undang pada Juli mendatang.

Alby menuturkan mahasiswa bersama sejumlah koalisi masyarakat sipil mendesak pemerintah membuka draf RKUHP, sebab isinya menyangkut hajat orang banyak.

“Sesuai dengan hasil diskusi kita bersama seluruh kawan-kawan mahasiswa dan masyarakat Jawa Barat, kita menuntut lima poin dan akan disampaikan dalam press release kita di akhir demonstrasi nanti,” ujarnya.

Menurut Alby, bila pemerintah dan DPR bersikeras tak membuka draf suatu rancangan Undang-Undang, dapat dipastikan UU tersebut bermasalah.

“Karena itu kita akan terus gelar aksi sampai didengarkan,” cetusnya.

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT