Buka FASI, Bakri Siddiq: Kita Bangun Banda Aceh dari Masjid




Jaringanberitaaceh.com, Banda Aceh – Festival Anak Saleh Indonesia (FASI) tingkat Kota Banda Aceh tahun 2022 resmi dimulai.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Pj Wali Kota Banda Aceh, Bakri Siddiq, Kamis, 27 Oktober 2022, di Halaman Masjid Syeikh Abdurrauf, Blang Oi yang ditandai dengan penyematan tanda peserta secara simbolis kepada enam orang anak yang mengikuti event ini.

Dalam sambutannya, Bakri Siddiq menyatakan Pemko sepakat membangun Banda Aceh dari masjid. “Kita sepakat membangun Banda Aceh dengan konsep Islami, yang kita mulai dari masjid,” kata Bakri Siddiq.

Katanya, masjid bukan hanya sekedar tempat melaksanakan ibadah, tapi juga pusat pengetahuan dan informasi, tempat bermusyawarah serta tempat bersilaturrahmi, dimana rumah Allah tersebut harus dimakmurkan dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, seperti FASI.

“Kita bangun Banda Aceh dalam bingkai Islami, dari masjid dan Al Quran dengan harapan akan lahir kader-kader bangsa yang memiliki karakter Islami,” tambahnya.

Karenanya, lanjut Bakri Siddiq Pemko sangat berkomitmen menjalankan program keagamaan, seperti pembangunan masjid dan pengadaan Al Quran. “Karenanya kita terus tingkatkan program pembangunan masjid-masjid, dan juga program pengadaan Al Quran,” tegasnya.

Harapannya, dengan lahir SDM yang Islami, ke depan Banda Aceh akan memiliki pemimpin-pemimpin yang berkarakter Al-Quran. “Harapan kita, ke depan di Banda Aceh ini akan lahir ulama yang jadi umara,” kata Pj Wali Kota.

Pj Wali Kota kemudian mengatakan, penyelenggaraan FASI sebagai bentuk keseriusan dalam mendidik para santri untuk meneruskan perjuangan penegakan syariat Islam di Aceh.

“Aceh sebagai role model dalam penegakan syariat Islam di Indonesia. Penting bagi kita untuk mempertahankan pencapaian ini dengan mendidik lebih serius lagi anak-anak kita supaya meneruskan perjuangan penegakan syariat Islam di Aceh,” katanya.

Karenanya, Pj Wali Kota meminta pelaksanaan FASI pada tahun mendatang akan diselenggarakan dengan lebih meriah.
“Pemko sangat mendukung kegiatan FASI ini. Tahun depan bisa kita gelar dengan lebih meriah,” pinta Bakri Siddiq.

Kepada para peserta FASI, Bakri Siddiq meminta mereka dapat mengikuti event tersebut dengan serius agar kembali dapat mempertahankan juara umum di tingkat Provinsi dan dapat mencatatkan prestasi membanggakan di tingkat Nasional.

Sementara itu, Ketua Panitia FASI Kota Banda Aceh Mardani, SH mengatakan kegiatan FASI tersebut akan diselenggarakan mulai tanggal 27-30 Oktober 2022 mendatang.

Kata Mardani, ada 6 jenis perlombaan yang dilombakan untuk tingkat TPA dan TPQ dan satu jenis perlombaan untuk lomba ustadz-ustadzah TPA.

“Untuk tingkat TPA ada lomba tartil, adzan dan Iqamah, nasyid islami, cerdas cermat al-qur’an, menggambar dan ceramah agama islam bahasa indonesia. Kalau tingkat TPQ ada tilawah al-quran, hafalan juz amma, cerdas cermat al-quran, kisah islami, kaligrafi dan ceramah agama islam. Sementara untuk lomba ustadz dan ustadzah yaitu cerdas cermat al-quran,” tutup Mardani.

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT