Dua Penyuluh Agama Asal Aceh Lulus LKLB Internasional

Banda Aceh, Jaringanberitaaceh.com – Dua Penyuluh Agama Islam (PAI) asal Aceh lulus Program Internasional Bersertifikat; Pengenalan Literasi Keagamaan Lintas Budaya (LKLB) yang digelar Institut Leimena kerja sama dengan Badan Pengelolaan Masjid Istiqlal dan Tampleton Religion Trust. Acara berlangsung via virtual, sejak 6-10 Maret 2023.

Panitia mengumumkan kelulusan peserta pada Minggu, 19 Maret 2023 dan akan diberikan sertifikat internasional. Keduanya, Amiruddin Penyuluh Agama Islam (PAI) yang bertugas di KUA Kecamatan Krueng Barona Jaya, Kankemenag Kabupaten Aceh Besar dan Hamidi (PAI) yang bertugas di Kecamatan Meureubo, Kankemenag Kabupaten Aceh Barat.

Amiruddin menyebutkan ini pengalaman zoom terberat yang pernah diikuti selama eksisnya kegiatan via virtual dan dalam jaringan (daring), dengan durasi belajar 30 jam secara sinkronus dan asinkronus.

“Berat dan lelah, sebab zoomnya super ketat, disiplin, dan tugas cukup menguras energi. Selain itu, ada narasumber yang menyampaikan materi dengan bahasa Inggris yang sulit dipahami, apalagi ketika penjelasan prinsip-prinsip agama dan budaya yang harus dipahami dengan baik agar tak salah penafsiran,” ucap pria yang akrap disapa Abu Teuming, di Aceh Besar, Minggu, 19 Maret 2023.

Setiap peserta harus menyelesaikan tugas berupa tulisan berisi narasi keberagaman budaya dan agama di dunia dan Indonesia. Peserta juga diminta membuat narasi terkait gambar, video, dan artikel yang disajikan oleh setiap pemateri.

“Narasi yang diinginkan pemateri dari sudut pandang yang cukup sulit dipahami oleh peserta,” ucap Abu Teuming yang juga Ketua Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Aceh ini.

Menurutnya, ini proses yang harus dilalui untuk kecakapan dan kompetensi diri. Kegiatan ini bertujuan menciptakan kedamaian serta kolaborasi lintas budaya dan agama. Intinya, mewujudkan moderasi beragama, seperti yang selama ini jadi program unggulan Kemenag RI.

Semua peserta yang lulus dan mendapatkan sertifikat akan dimasukkan dalam grup WhatsApp alumni, yang nantinya akan ada program baru untuk peningkatan kompetensi LKLB.

Sedangkan pemateri yang dihadirkan anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Prof Dr Amin Abdullah. Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof Dr Nasaruddin Umar. Utusan Khusus Presiden untuk Timur Tengah dan Organisasi Kerja Sama Islam 2015-2019, Prof Dr Alwi Shihab. Kabid Pendidikan dan Pelatihan Masjid Istiqlal, Dr Farid F. Saenong MA. Senior Research Fellow University of Washington, Dr Chirs Seiple. Ketua Majelis Pertimbangan Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia, Pdt Dr Henriette T. Lebong. Direktur Muslim-Jewish Relations Amerika Jewish Committee, Dr Ari Gordon. Mantan Duta Besar Amerika Serikat untuk Kebebasan Beragama Internasional, Rabi Dr David Saperstein. Direktur Internasional Hubungan Lintas Agama American Jewish Committee, Rabi Dr David Rosen.

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT