Wabup Insyafuddin: Pembangunan SPALD-T Solusi Masalah Lingkungan

 

Kuala Simpang, Jaringanberitaaceh.com – Wakil Bupati Aceh Tamiang, Tengku Insyafuddin ST meresmikan bangunan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat (SPALD-T) Sanimas Reguler Tahun 2021 Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Asri Tanjung Seumentoh, di Kampung Tanjung Seumentoh, Karang Baru, Rabu (22/12/2021).

Insyafuddin mengatakan pembangunan ini upaya penanganan air limbah permukiman bagi masyarakat di lingkungan padat penduduk, kumuh, dan rawan sanitasi dengan pendekatan yang tanggap kebutuhan.

“Akses penduduk kepada prasarana dan sarana air limbah permukiman pada dasarnya erat kaitannya dengan aspek kesehatan, lingkungan hidup, pendidikan, sosial budaya serta kemiskinan,” ungkapnya.

Semakin besar akses penduduk kepada fasilitas prasarana dan sarana air limbah pemukiman, serta pemahaman tentang higienitas semakin kecil kemungkinan terjadinya kasus penyebaran penyakit yang ditularkan.

“Pembangunan SPALD-T ini merupakan salah satu langkah konkret dalam menjawab persoalan sosial yang sedang berkembang di wilayah kita, seperti permasalahan lingkungan khususnya pembuangan limbah ke sungai,” tambahnya lagi.

Perwakilan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Aceh, Susi Nurhayati menyampaikan jika air limbah tidak dikelola, maka berdampak pada kehidupan masyarakat. Ia berharap seluruh masyarakat saling menjaga bangunan SPALD-T tersebut, sehingga dapat terus digunakan dalam jangka panjang. (SM)

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT