Mahasiswi Cantik di Sulawesi jadi Kuli Angkat Semen, Bahunya Pernah Berdarah

Makassar, Jaringanberitaaceh.com – Nur Aini (21), mahasiswi Universitas Negeri Makassar (UNM) viral di media sosial karena menjadi kuli angkut semen di Kabuaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel) demi membantu kedua orang tuanya. Ternyata, Aini diupah Rp600 untuk setiap sak semen yang diangkut.

“Angkat semen 1 sak dulu Rp500, sekarang Rp600. Naik Rp100 rupiah,” ungkap Aini kepada, Senin (13/12/2021).

Aini sudah menggeluti pekerjaan ini sejak duduk di bangku kelas 1 SMA, di kampung halamannya di Kabupaten Pinrang.

Menurut dia, pekerjaan ini ia lakukan karena orang tuanya juga memiliki pekerjaan yang sama.

‘Awalnya, karena orang tuaku pekerja angkat semen, mama dan bapak. Teru pas kelas 1 SMA kan mamaku sering pulang malam, tengah malam, kadang subuh baru pulang,” kata Aini.

“Heran saya, karena kubilang kenapa orang tuaku malam terus pulang. Saya memang sering mau ikut, lama-lama sering mau juga bantu-bantu angkat semen,” imbuhnya.

Aini tak menampik betapa beratnya pekerjaan tersebut, karena membutuhkan tenaga lebih.

“Awalnya susah sekali, sampai berdarah itu bahu, sakit sekali. Lama kelamaan sudah biasa, dirasakan mi juga oh begini pale (ternyata) pekerjaannya orang tuaku,” tutur dia.

Aini kini sedang mengenyam pendidikan S1 di Universitas Negeri Makassar. Namun tiap akhir pekan, yakni Kamis sore dia pulang ke Pinrang untuk bekerja jadi kuli angkut semen dan pada hari Minggu sore dia akan kembali lagi ke Makassar untuk persiapan kuliahnya.

Dengan bayaran senilai Rp500 hingga Rp600 per satu sak semen, Aini mengaku bisa memperoleh Rp 400 ribu rupiah setiap kali bekerja pada akhir pekan tersebut.

“Dalam satu mobil biasanya berisi 850 sak semen, sesuai rezeki sih. Kalau ada yang panggil, kalau mobil truk minta bantu dulu angkat semen ke toko. Totalnya paling Rp 400 ribu,” katanya.

“Motivasi saya kerja orang tua. Jangan malu jangan gengsi, apa pun pekerjaan yang jelas halal jangan pernah malu. Karena sekarang kalau malu tidak akan bisa berkembang,” pungkas Aini.

SumberDetik.com
spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT