Kunjungi Ladang Vanili, Wabup Aceh Tamiang Harap Distanbunnak Beri Bantuan




 

Kuala Simpang, Jaringanberitaaceh.com – Wakil Bupati Aceh Tamiang, Tengku Insyafuddin ST kunjungi Sentra Budidaya Vanili di Kampung Paya Kulbi, Karang Baru, Kamis (16/12/2021). Tengku Insyafuddin meminta perawatan tanaman tersebut dapat diintensifkan lagi.

“Seharusnya budidaya vanili ini dalam kurun waktu dua tahun sudah mulai berbuah. Saat ini, usianya sudah tiga tahun, namun belum nampak tanda akan berbunga. Saya kira, jika ditangani dengan tepat, insyaallah vanili ini akan segera berbuah,” ujarnya.

Ia menginstruksikan kepada Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan (Distanbunnak) supaya bantu permasalahan yang dihadapi petani ini.

“Kita harapkan setelah dibantu dinas teknis nanti, pengembangan budidaya ini dapat membuahkan hasil memuaskan. Jika budidaya ini berhasil, maka dapat kita bagikan pengalaman dan ilmunya ke petani lain, untuk ikut membudidayakan vanili ini,” paparnya.

Terakhir, Wabup mengatakan selain memiliki nilai ekonomis yang tinggi, hasil panen vanili juga dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama. Petani dapat menyesuaikan waktu, saat hendak menjual hasil kebunnya.

Kebun vanili yang dikunjungi Insyafuddin ini milik Amaluddin.

Amaluddin mengatakan vanili yang ditanamnya jenis pelangi, yang dibeli dari Jakarta. Saat ini tanaman vanili tersebut telah berusia tiga tahun.
(SM)

spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT