Gampong Nusa Juara Pertama ADWI

 

Jakarta, Jaringanberitaaceh.com – Tahun 2021 menjadi tahun emas bagi dunia pariwisata Aceh. Setelah menyabet gelar Dura Wisata Indonesia 2021 lewat Agam Aqral dan Inong Salwa, dilanjutkan dengan menyabet tujuh gelar jawara dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Award pekan lalu. Kini giliran Gampong Nusa, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, yang meraih juara pertama kategori homestay pada malam Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2021.

Rentetan prestasi itu diapresiasi penuh oleh sosok nomor satu Pemerintah Aceh, Ir H Nova Iriansyah MT. Secara khusus Gubernur Nova menyampaikan ucapan selamat serta rasa syukur atas prestasi yang diraih.

“Alhamdulillah. Gampong Nusa Kab. Aceh Besar meraih juara 1 Anugerah Desa Wisata Indonesia Kategori Homestay,” kata Gubernur Nova, seperti dikutip dari cuitan Twitter resminya, Rabu (8/12/2021).

Penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata Ekonomi Kreatif Republik Indonesia itu, diterima langsung Keuchik Gampong Nusa, M Yasin. Ia didampingi Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali, Kadisbudpar Aceh Jamaluddin, Kadisparpora Aceh Besar Ridwan Jamil.

Bupati Mawardi Ali juga menyampaikan ucapan selamat kepada Keuchik Gampong Nusa, serta seluruh masyarakat Aceh Besar, khususnya warga Gampong Nusa, atas kerja keras menjadikan gampong mereka sebagai yang terbaik di Indonesia.

“Kami menyampaikan selamat kepada Pak Keuchik yang telah menerima langsung penghargaan bergengsi anugerah desa wisata Indonesia tahun 2021,” kata Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali di Jakarta.

ADWI tahun ini mengangkat 7 Kategori penilaian, yaitu Penerapan CHSE, Desa Digital, Souvenir, Daya tarik wisata, konten kreatif, Homestay dan Toilet.

Pada penilaiam kategori yang dimenangkan oleh Gampong Nusa, dewan juri menilai homestay di Gampong Nusa, yang jumlah keseluruhannya mencapai 42 unit, berstandar internasional sehingga menjadi daya tarik untuk dikunjungi oleh turis mancanegara.

Selain memiliki homestay, para tamu yang datang disambut dengan ramah tamah secara adat istiadat.

Selain itu, Gampong Nusa juga memiliki produk kerajinan lokal dan makanan khas setempat yang menjadikannya sebagai gampong di Aceh Besar yang patut dikunjungi serta layak menjadi desa wisata Indonesia.

ADWI 2021 diikuti oleh 1.831 desa dari seluruh Indonesia. Dewan juri kemudian mengurasi menjadi 300 besar, 100 besar dan terakhir 50 yang terbaik.

Kemudian, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno bersama tim kurator dan dewan juri berkunjung ke 50 Desa Wisata yang menjadi nominasi salah satunya Gampong Nusa. Dari hasil penilaian langsung tersebutlah Gampong Nusa kemudian dipilih dan ditetapkan sebagai salah satu pemenang ADWI 2021.

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT