Desa Margorejo jadi Lokasi Wisata Durian, 1000 Bibit Durian Telah Ditanam




Kudus, Jaringanberitaaceh.com –┬áDesa Margorejo di Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah ditetapkan sebagai desa wisata oleh Pemerintah Kabupaten Kudus, Minggu (19/12/2021).

Penetapan ini dilakukan karena desa tersebut dikenal sebagai desa penghasil durian terbesar di daerah itu. Desa tersebut juga memiliki kegiatan Gebyar Ngunduh Duren, acara gunungan yang berisi hasil pertanian warga desa, termasuk buah durian. Pada acara itu, belasan gunungan diarak sejauh sekitar 500 meter dari Masjid Al Ikhlas ke panggung utama.

Bupati Kudus, Hartopo, berharap penetapan ini bisa menjadi motivasi warga Desa Margorejo untuk mengembangkan desanya sebagai sentra durian, sehingga bisa menarik pengunjung dari luar desa.

“Ingat durian ingat Pelang yang merupakan wilayah penghasil durian di Desa Margorejo,” kata Hartopo, Senin (20/12/2021).

Kepala Desa Margorejo, Sumir Khan mengatakan pihaknya sudah menanam 1.000 bibit pohon durian. Diharapkan wisata petik buah durian dari pohonnya langsung akan bisa dilakukan lima tahun ke depan.

“Kami juga bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus untuk mencari pohon durian yang memang asli Desa Margorejo. Nantinya akan diperbanyak untuk ditanam di Dukuh Pelang dan dukuh lainnya untuk mendukung desa ini sebagai sentra durian,” ujar Sumir.

spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT