Dayah Sabilal Muhtadin Al Amiriah Gelar Maulid

Banda Aceh, Jaringanberitaaceh.com – Dalam rangka menyambut peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW 1443 H,  Dayah Sabilal Muhtadin Al Amiriah Rukoh mengadakan acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang bertempat di Dusun Meunasah Tuha, Rukoh, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Ahad (2/1/2022).

Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw kali ini bertemakan, “Kita Jaga Aqidah dan Ukhuwah, Guna Membentuk Insan Yang Istiqamah dan Berakhlakul Karimah”.

Pimpinan Dayah Sabilal Muhtadin Al Amiriah Rukoh, Tgk Ahmad Hunafa’ullah mengatakan, kegiatan ini adalah refleksi dan peringatan untuk mengagungkan Baginda Rasulullah Saw dengan Berkarya dan Berakhlak Mulia.

Tgk Hunafa juga menekankan akan pentingnya sinergi antara pemerintah dan masyarakat untuk berdakwah. Peringatan maulid nabi ini juga bagian dalam berdakwah untuk mengenang hari lahirnya Baginda Rasulullah Saw.

Tgk Hunafa menambahkan, “Tanggung jawab dayah juga tidak hanya di pundak pemerintah. Tapi perlu sinergi dan kolaborasi berbagai pihak seperti tokoh masyarakat, ulama, lembaga Dayah, pihak pemerintah dan para pemuda setempat,” tutur Tgk Hunafa.

Kegiatan ini dimulai dengan acara yang menampilkan berbagai kreativitas dan keterampilan santri Dayah dalam bershalawat kepada Baginda Rasulullah Saw. Salah satu yang istimewa adalah hadirnya beberapa alumni santri yang sudah sukses dalam dunia kedayahan dan keagamaan.

Tgk Zikri Rahmatillah sebagai ketua pengurus sekaligus ketua panitia maulid Nabi Muhammad Saw mengatakan pentingnya peran pendidikan dalam melanjutkan dakwah Islam. “Sesuai dengan tema yang diambil dalam Maulid ini, Dayah Sabilal Muhtadin Al Amiriah Rukoh harus mampu mendidik siswa agar bisa berkarya dan memiliki akhlak yang mulia,” katanya Zikri.

Sejak pukul 10 pagi tadi, para jamaah yang terdiri dari para santri, pegiat dayah, seluruh masyarakat sekitar bahkan Keuchik Gampong Rukoh, Pak Ibnu Abbas, Anggota DPRK Kota Banda Aceh, Tuha Pheut, Tokoh Masyarakat dan Para Pemuda telah memadati halaman Dayah Sabilal Muhtadin Al Amiriah Rukoh.

“Kita ingin menanamkan pada seluruh santri dan masyarakat bahwa mencintai Rasulullah Saw harus kita wujudkan melalui karya dan berakhlak mulia. Dayah Sabilal Muhtadin Al Amiriah Rukoh kita siapkan untuk mencetak orang beriman dan berilmu di masa depan, Amiin” ujar Tgk Zikri.

“Pendidikan  yang maju akan lahir dari Dayah yang bermutu. Dayah yang bermutu akan melahirkan murid-murid yang bermutu, dan murid-murid yang bermutu akan lahir dari rahim guru yang bermutu,” tegas Tgk Zikri yang bergiat sebagai pengusaha ponsel tersebut.

Peringatan Maulid 1443 Hijriah ini berlangsung dengan lancar dan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. Seluruh jamaah dan masyarakat masih menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memasuki lokasi acara.

Semoga Maulid ini dapat kita teladani dan membuat kita semua menjadi orang yang bisa menjadi pribadi yang lebih baik menuju ke arah yang lebih baik. (*)

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT