Balai Bahasa Provinsi Aceh Luncurkan Kamus Kemaritiman Aceh-Indonesia




 

Banda Aceh, Jaringanberitaaceh.com – Balai Bahasa Provinsi Aceh (BBPA) melaksanakan kegiatan Peluncuran Kamus Kemaritiman Aceh-Indonesia versi cetak dan daring. Kegiatan berlangsung di Aula Dr. Abdul Junaidi, BBPA, Jumat (24/12/2021).

Peluncuran ini diresmikan oleh Hamdani, S.Pd., M.Pd sebagai Kepala Bidang Pembinaan SMA dan Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK) Dinas Pendidikan Aceh Hamdani. Ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu hingga tersusunnya kamus ini.

Peluncuran Kamus Kemaritiman Aceh-Indonesia dihadiri oleh beberapa perwakilan instansi di Provinsi Aceh, di antaranya Universitas Syiah Kuala, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Universitas Bina Bangsa Getsempena, Universitas Serambi Mekah, Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh, Dinas Pendidikan Aceh, Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh, Dinas Perpustakaan dan Arsip Aceh, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Aceh, Serambi Indonesia, Komunitas FAMe, dan Balai Pelestarian Nilai Budaya Aceh.

Kamus ini melalui beberapa proses hingga tercipta dalam bentuk cetak dan daring. Tahap-tahap tersebut adalah inventarisasi kosakata, lokakarya, sidang komisi bahasa daerah dan penyuntingan.

Selain itu, ke depannya kamus ini akan selalu diperbaharui melalui versi daring. Masyarakat juga dapat mengusulkan kosakata terkait kemaritiman ke dalam kamus tersebut.

Semoga, katanya, dengan adanya kamus ini BBPA mampu memberikan manfaat kepada masyarakat dan berkontribusi terhadap pelestarian bahasa daerah dan pemerkayaan kosakata bahasa Indonesia.

Sementara itu, Kepala BBPA, Karyono. S.Pd., M.Pd mengatakan entri kosakata kemaritiman ini dapat bertambah dan memberikan ruang kepada masyarakat untuk berkontribusi, melalui pengusulan kosakata bahasa Aceh ke Kamus Kemaritiman Aceh-Indonesia versi daring.

“Ke depan, BBPA akan menyusun kamus bidang budaya, di antaranya mulai dari prosesi kelahiran hingga kematian, pranata sosial, kuliner, perangkat alat masak, struktur bangunan dan sebagainya,” Karyono. (*)

 

spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT