Samsat Jempol Layani 2.569 Unit kendaraan yang Bayar PKB di Lhokseumawe




Lhokseumawe – Setahun sejak hadirnya layanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Jemput Pajak Online (Jempol) di Kota Lhokseumawe dari September 2021 sampai dengan Agustus 2022 sudah melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor sebanyak 2.569 unit dengan penerimaan sejumlah Rp 1,5 Milyar lebih.

“Ini merupakan layanan unggulan pembayaran pajak kendaraan bermotor yang ada di Lhokseumawe,” kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aceh melalui Kepala UPTD Wil V BPKA/ SAMSAT Lhokseumawe, Chaidir MM.

Layanan Samsat jempol merupakan program layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan sistem jemput bola di tengah-tengah masyarakat, dengan program layanan Samsat Saweu SKPK, Saweu Kantor Camat, Saweu Kantor Gampong, Saweu Kampus, Saweu Sikula dan terbaru saat ini yaitu Samsat Saweu Warung Kopi.

Baca: Datanya Dihapus, 46.996 Unit Kendaraan di Lhokseumawe akan Bodong

“Untuk Layanan program Samsat Saweu Warung Kopi pada bulan September – Oktober 2022 yaitu hari Senin dan Jumat di Dr Kupi Espresso di wilayah Kecamatan Muara Dua, hari Selasa dan Kamis di D’Royal Coffee Space dan hari Rabu di Coffee Time wilayah Kecamatan Banda Sakti. Layanan Samsat Saweu Warung Kopi kita hadirkan dengan maksud mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, dimana banyak masyarakat yang melakukan aktifitas di warung kopi jadi masyarakat dapat melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) sambil minum kopi,” ungkap Chaidir.

Ia menyebutkan, 141.021 Unit kendaraan di Lhokseumawe sebagaimana pada data Samsat periode September 2022 dengan sebaran per kecamatan yaitu 40.978 Unit di kecamatan Muara Dua, 69.948 Unit kecamatan Banda Sakti, 13.096 Unit di Kecamatan Blang Mangat dan 16.999 Unit di Kecamatan Muara Satu. Sebaran terbanyak ada di kecamatan Banda sakti dan Kecamatan Muara Dua maka untuk bulan September dan Oktober 2022 layanan Samsat Jempol akan fokus dalam Kawasan dua kecamatan tersebut dengan harapan akan meningkatnya partisipasi dan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor.

Tambah Chaidir, tujuan dari program layanan Samsat Jempol adalah untuk memberi kemudahan bagi masyarakat yang ingin membayar pajak kendaraan namun karena waktu dan kesibukannya tidak sempat datang ke kantor Samsat, masyarakat dapat melakukan pembayaran di lokasi layanan Samsat Jempol dengan hanya membawa dokumen KTP, STNK dan Notice Pajak Asli tanpa harus membawa dokumen fotocopy dengan waktu pelayanan pembayaran PKB hanya dua (2) menit selesai di lokasi.

“Untuk informasi tentang layanan pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor masyarakat dapat menghubungi petugas pada nomor hp.082176247674 atau hp.08116709955,” tuturnya.

Salah seorang masyarakat, Amiruddin menyatakan bahwa pelayanan di Samsat Jempol ini sangat memuaskan karena pelayanannya cepat dan dekat dengan aktivitas kesehariannya yang cukup bawa KTP, STNK, dan Notice pajak Asli pembayaran PKB kendaraan siap di tempat dalam waktu singkat.

“Saya baru tahu bahwasanya bayar pajak itu mudah dan cepat, saya selama ini dalam pembayaran pajak menitipkan ke orang atau minta bantu ke kawan. harapan saya semoga program ini dapat terus menerus dilaksanakan di berbagai tempat di Lhokseumawe karena program ini sangat membantu masyarakat dalam kemudahan membayar pajak kendaraannya, harap Amiruddin.[]

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT