Insentif Nakes belum Terbayar, Pemkot Langsa Melapor ke Gubernur Aceh

Banda Aceh, Jaringanberitaaceh.com – Gubernur Aceh Nova Iriansyah menerima kunjungan rombongan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Langsa yang dipimpin oleh Wakil Wali Kota Langsa di rumah dinas Wakil Gubernur Aceh, Kamis (9/9/2021).

Mereka datang menghadap Nova untuk menyampaikan permasalahan keuangan daerah pasca mendapat teguran dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri), karena belum membayar insentif tenaga kesehatan (Nakes) selama enam bulan.

Wakil Wali Kota Langsa, Marzuki Hamid mengatakan pihaknya kwalahan, karena tidak memiliki anggaran akibat adanya dua kali pemotongan Dana Alokasi Umum (DAU) senilai Rp.50 miliar.

Pemkot Langsa sendiri membutuhkan bantuan keuangan dari provinsi sekitar Rp.30 miliar, yang di antaranya adalah untuk membayar insentif tenaga medis.

Menjawab hal itu, Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengatakan dirinya sudah menyampaikan kepada seluruh bupati dan wali kota se-Aceh, bahwa Pemerintah Aceh setuju untuk membantu kabupaten/kota. Namun harus dengan tiga syarat. Pertama adalah sesuai dengan perundang-undangan dan ruang fiskal tersedia.

Nova melanjutkan, jika dua persyaratan itu tercukupi, Pemerintah Aceh siap membantu Kota Langsa dan kabupaten/kota lain. Namun haruslah melalui mekanisme APBA perubahan.

“Di level kebijakan kita sudah bicara. Ketika masuk ke teknis, ya tiga syarat itu harus tercukupi dulu. Jika tercukupi kita bantu,” kata Nova.

Hadir dalam pertemuan itu Wakil Wali Kota Langsa, Sekda Kota Langsa, Kepala Bappeda dan Kepala BPKD Kota Langsa. Sementara dari Pemerintah Aceh, hadir Kepala BPKA, Direktur Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin, Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda Aceh. (Red)

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

1 KOMENTAR

Komentar ditutup.