Pj Bupati Bener Meriah Pimpin Persiapan Program Kabupaten Devisa

Redelong, Jaringanberitaaceh.com – Pj Bupati Bener Meriah, Haili Yoga dan jajaran Pemerintah Kabupaten Bener Meriah gelar rapat terbatas dengan Kepala Kantor Wilayah Derektorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) Aceh, Syukriah HG, dalam rangka Pengusulan Bener Meriah sebagai Kabupaten Devisa, di Gedung C DJKN Aceh, Banda Aceh, 26 Januari 2023.

Pengusulan Bener Meriah sebagai kabupaten devisa merupakan tindaklanjut dari peresmian Desa Devisa di daerah tersebut pada 2022.

“Sebagai penghasil kopi terbaik dunia dan sudah diekspor ke berbagai dunia, wajar Bener Meriah menjadi kabupaten devisa,” kata Haili Yoga.

Menurutnya, kopi arabika Gayo dari Bener Meriah salah satu kopi dengan aroma terbaik di dunia, dan salah satu komoditi penyumbang devisa negara. Smua itu diperoleh atas kerja sama dengan Kemenkeu. Sebagai kabupaten binaan Direktorat Jenderal Keuangan, seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Bener Meriah akan mempersiapkan, melaksanakan, dan mendukung seluruh program Kemenkeu RI.

Kanwil DJKN, Syukriah HG menyebutkan kabupaten devisa merupakan daerah yang didorong untuk meningkatkan pasar ekspor melalui program pendampingan, penyediaan sarana produksi, dan akses permodalan, sehingga sama halnya dengan Desa Devisa. Dalam jangka pendek, akan diupayakan pembangunan dryhouse untuk sepuluh kecamatan di Kabupaten Bener Meriah”, jelasnya.

Ia menjelaskan, dalam jangka panjang akan dilaksanakan berbagai program untuk mendekatkan masyarakat dengan pasar ekspor, termasuk dengan mengahadirkan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) di Bener Meriah, agar pelaku usaha lokal memiliki mitra mengembangkan bisnis kopi.

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT