Bupati Mursil Resmikan PKS PT Bumi Tamiang Sentosa di Kecamatan Tenggulun

Aceh Tamiang, Jaringanberitaaceh.com – Bupati Aceh Tamiang, Mursil, SH, M.Kn meresmikan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT. Bumi Tamiang Sentosa yang berada dikawasan perkebunan kelapa sawit Kampung Tebing Tinggi Kecamatan Tenggulun. Kamis 15 September 2022.

Dalam sambutannya, Bupati Mursil mengatakan kehadiran PKS PT. Bumi Tamiang Sentosa (BTS) merupakan cinderamata untuk Aceh Tamiang di akhir masa kepemimpinannya.

“Kehadiran PKS PT. BTS akan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat dan secara signifikan akan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat, terbukanya lapangan pekerjaan, peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), tertampungnya Tandan Buah Segar (TBS) milik petani,” sebutnya.

Ia menerangkan, saat ini ketersediaan lahan perkebunan sawit di Aceh Tamiang sangat luas, akan tetapi jumlah PKS masih sangat terbatas. Dengan didirikannya Pabrik Kelapa Sawit ini, diharapkan mampu mengolah hasil produksi kebun sendiri (Tamiang) dan buah masyarakat untuk memperoleh minyak dan inti dengan cara yang paling efisien, jadi tandan buah segar tidak lagi dijual ke Sumut.

“Ditambah lagi permintaan komoditas minyak CPO (crude palm oil) terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun”, ucapnya.

kehadiran PT. BTS sebagai upaya mengurangi kemiskinan dan mendorong pemerataan perekonomian yang signifikan bagi daerah khususnya perdesaan yang ada di wilayah Kecamatan Tenggulun dan Kejuruan Muda.

Diketahui, Industri sawit telah menopang sekitar 14% PDB, perkebunannya menyediakan lapangan kerja bagi lebih dari 41% penduduk Indonesia dan menjadi mata pencarian sekitar dua pertiga rumah tangga perdesaan.

Mursil mendorong pihak swasta untuk berinvestasi di Aceh Tamiang, Ia akan menjamin keamanan para investor.

“Saya meminta kepada masyarakat untuk menjaga bersama keamanan dan keberadaan investasi ini,” Tambahnya.

Disaat yang sama, Manager PKS PT. BTS, Ngari Ika Ono juga menyampaikan, pabrik beroperasi dengan kapasitas produksi 30-45 ton per jam, sehingga akan banyak menyerap tenaga kerja dengan mengutamakan tenaga kerja lokal sebanyak 85 orang karyawan.

“Dengan beroperasinya pabrik ini, diharapkan roda perekonomian dapat tumbuh dengan cepat. Kami juga berkomitmen akan menyalurkan investasi sosial dari dana CSR untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat Aceh Tamiang”, Ungkap Ngari Ika Ono.

Peresmian pabrik yang ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati Aceh Tamiang dan Perwakilan PT. BTS yang disaksikan seluruh undangan yang dilanjutkan dengan peninjauan pabrik pengolahan.***

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT