Bupati Mursil Pimpin Rapat Upaya Pelegalan Tambang Masyarakat

Aceh Tamiang, Jaringanberitaaceh.com – Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang bekerjasama dengan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Aceh tengah dalam upaya melegalkan tambang minyak tradisional yang digarap masyarakat Aceh Tamiang di ruang rapatnya. Rabu 07 September 2022.

Dihadapan Bupati Aceh Tamiang, H. Mursil, Kabid Migas Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Aceh, Dian Budi Darma mengatakan, upaya ini sebagai langkah pencegahan akan resiko yang kerap ditimbulkan, dari adanya korban jiwa sampai kerusakan lingkungan.

Di sisi lain, adanya penambangan tradisional ini membuat pendapatan masyarakat bahkan daerah meningkat. Oleh karenanya, proses penambangan menjadi tantangan tersendiri bagi Pemerintah untuk berupaya bagaimana melegalkan tetapi tidak bertentangan dengan regulasi.

“Nantinya, tambang minyak rakyat ini akan dikelola Pemerintah melalui BUMD PT. Blora Patra Energi, melihat keberhasilan mereka dalam mengelola minyak rakyat di Kabupaten Blora,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, sebagai tahap awal, akan dilakukan pemetaan/cluster terhadap lokasi penambangan.

“Jika dilakukan penambangan diluat cluster maka akan dianggap ilegal,” ungkap Dian Budi Darma

Selanjutnya Mursil mengatakan bahwa dirinya sangat mendukung upaya pelegalan ini. Menurutnya, keterlibatan Pemda bukan hanya sebatas menentukan lokasi. Tetapi juga terlibat dalam memberikan edukasi kepada masyarakat terkait tata kelola tambang yang baik (good mining practise).

“Dengan adanya legalisasi ini, maka tambang masyarakat itu beroperasi tanpa membahayakan diri maupun lingkungan,” sebut Mursil.

Ia berharap, dengan munculnya Peraturan Menteri dan Qanun (UU) Aceh yang mengatur tentang tata kelola pertambangan dapat membagi wilayah kerja Pemerintah dan PT. Pertamina.

” Saat ini, di Kabupaten Aceh Tamiang selain sumur tua, sekurangnya terdapat 7 titik penambangan minyak rakyat yang berada di Kecamatan Tamiang Hulu, di antaranya Kampung Bandar Khalifah, Harum Sari, Wonosari dan Alur Tani II,” pungkas Mursil.

TERBARU

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

1 KOMENTAR

Komentar ditutup.