Teuku Zulkhairi: Kalau Rindu Surga, Jumpai Orang Tua




 

Banda Aceh, Jaringanberitaaceh.com – Dalam Islam banyak kisah anak yang berbakti pada orang tua. Bahkan ada kisah buruk (kecelakaan) karena tak mengabdi pada ibu dan bapak.

Hal ini disampaikan Tgk Dr Teuku Zulkhairi MA saat ceramah Subuh, yang digelar Gerakan Pemuda Shubuh (GPS) di Masjid Al-Abrar Lamdingin, Banda Aceh, Sabtu (20/11/2021) pagi.

Masa Rasulullah, kata Tgk Zulkhairi, ada kisah Alqamah, ia sakit berhari-hari, merasakan kesakitan dan kesulitan saat sakratul maut. Rasulullah pun menjenguknya dan mendapatkan kabar bawah Alqamah masih memiliki ibu, namun sudah lama ia lupakan.

Suatu saat, saat Alqamah masih sehat, ibunya pernah datang menjenguknya, tapi Alqamah mengabaikannya, bahkan ia sibuk bersenang-senang dengan istri.

“Keadaan ini, membuat ibunya terluka dan sedih,” tegas Komisioner Penyiaran Aceh (KPA) ini.

Mengetahui cerita ini, Nabi Muhammad meminta sahabat untuk membawa ibu Alqamah ke hadapannya. Nabi menanyakan hal yang dilakukan Alqamah, yang menjadi sebab ibunya sakit hati.

“Ternyata, Alqamah pernah menyakiti ibunya, sehingga ia kesulitan melewati sakratul maut,” jelasnya.

Rasulullah membujuk sang ibu, agar memaafkan kesalahan Alqamah. Ibunya pun memaafkan, sehingga Alqamah meninggal dunia dalam keadaan tenang.

Dosen UIN Ar-Raniry mengatakan demikian berat siksa di dunia jika seorang anak durhaka pad orang tua. Belum lagi siksa dunia di akhirat, tentu lebih berat.

Kalau hari ini rindu surga, maka jumpai orang tua, raih rida orang tua. Jika jauh dari mereka, hubungi via telepon, komunikasi dan silaturahmi dengan mereka.

Tgk Zulkhairi mengingatkan, banyak cara berbakti pada orang tua, seperti bersukur dan berterima kasih. Sendainya mereka telah tiada, doakan.

“Doa untuk orang tua yang telah meninggal bukti kita berbakti pada mereka,” ucap dai dan penulis itu.

Ia memilih kisah tersebut sebagai tema ceramah, karena beberapa hari lalu di Aceh viral kasus seorang anak menggunggat ibunya demi mendapatkan warisan. (Red)

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT