Satpol PP-WH dan Diskoperindag Aceh Jaya Lakukan Pembinaan bagi Pedagang

Calang, Jaringanberitaaceh.com – Satpol PP dan WH Kabupaten Aceh Jaya bersama Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Aceh Jaya melakukan pembinaan dan penyuluhan kepada sejumlah pedagang ikan, pedagang unggas dan pedagang rempah-rempah di pasar Lamno kecamatan Jaya.

Kepala Satpol PP dan WH Kabupaten Aceh Jaya Drs. Supriadi melalui Kepala Bidang Ketertiban Umum Ketenteraman dan Perlindungan Masyarakat Hamdani mengatakan giat hari ini merupakan tindaklanjut dari koordinasi dan “duek pakat” dengan Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan, Camat Jaya dan Pengelola Pasar Lamno pada tanggal 8 Juni 2023.

Tujuannya untuk penataan dan relokasi pasar (pedagang) khususnya bagi pedagang ikan, pedagang unggas dan pedagang rempah-rempah ke Pasar Gle Mah yang lebih layak dan representatif berlokasi di Gampong Bak Paoh. Pasar tersebut adalah aset daerah yang harus didayagunakan untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

Selama ini, kami banyak menerima keluhan dan laporan dari masyarakat sekitar terkait keberadaan pasar ikan, unggas dan rempah-rempah di pasar induk Lamno sudah menggangu ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat dari aroma yang menyengat (berbau) dan tidak bersih, kenyamanan warga setempat dan pelintas terganggu.

Kehadiran kami untuk memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada para pedagang tentang pentingnya menjaga ketertiban umum dan kenyamanan masyarakat di pasar. Kami melakukan pendekatan dialogis dan persuasif dengan pedagang untuk bersedia pindah sebelum dipindahkan oleh petugas. Sekaligus mengajak para pedagang untuk patuh pada Qanun Kabupaten Aceh Jaya Nomor 2 Tahun 2023 tentang Ketertiban Umum Ketenteraman Masyarakat dan Pelindungan Masyarakat.

“Alhamdulillah, para pedagang bersedia pindah bila pasar Gle Mah sudah lengkap, memadai serta aman bagi pedagang usai lebaran Idul Adha 1444 H,” ucap Hamdani.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Perdagangan Diskoperasi UKM, Perindag Kabupaten Aceh Jaya Khairun menambahkan bahwa kami komunikasi secara langsung sekaligus mendengar dan menampung aspirasi dari pedagang.

Semuanya akan kami sampaikan kepada pimpinan dan pihak terkait, yang jelas kami sebagai dinas teknis yang membidangi pasar akan berupaya secara maksimal untuk tata pasar yang lebih sehat dan peningkatan ekonomi masyarakat khususnya pedagang. Untuk itu mari kita bersama berikhtiar menjadi lebih baik dan produktif di lokasi yang baru, bersih dan nyaman. Setelah lebaran nantinya semua pedagang ikan, pedagang unggas dan rempah-rempah kita arahkan ke pasar Gle Mah.

TERBARU

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT