Sat Samapta Polres Aceh Utara Gelar Pelatihan Water Rescue untuk Antisipasi Bencana

Lhoksukon, Jaringanberitaaceh.com – Mengantisipasi terjadinya bencana alam diwilayah Kabupaten Aceh Utara, Sat Samapta Polres Aceh Utara menggelar Latihan Search And Rescue (SAR) air. Kegiatan dipimpin Kasat Samapta Polres Aceh Utara AKP Zulfikar dan dilatih langsung oleh Danru Rescue BPBD Kab. Aceh utara Darsa S.sos., digelar di Pantai Bantayan Kec. Seunuddon Kab. Aceh Utara, Sabtu (19/02/2022).

Kapolres Aceh Utara AKBP Riza Faisal, S.I.K., M.M., Melalui Kasat Samapta AKP Zulfikar mengatakan, Peningkatan kemampuan personil Polres Aceh Utara yang dilakukan dengan cara berlatih Water Rescue tersebut melibatkan sedikitnya 12 orang anggota Sat Samapta dan Beberapa Personil BPBD Aceh Utara yang tergabung dalam Team SAR Polres Aceh Utara, Disamping meningkatkan kemampuan perorangan, Latihan tersebut juga dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dalam pergerakkan team, yaitu latihan menggunakan alat SAR Air berupa perahu karet atau kano,”Ujar AKP Zulfikar

Kasat Samapta juga mengatakan bahwa selain hal tersebut diatas, tujuan pelatihan tersebut juga dimaksudkan agar personel dapat terampil melakukan pertolongan terhadap masyarakat yang membutuhkan pertolongan di air seperti korban tenggelam dan evakuasi korban banjir.

“Dalam sesi latihan ini kami mendatangkan instruktur untuk membantu dalam peningkatan kemampuan anggota dalam kemampuan SAR Air Yaitu Danru Rescue BPBD Kab. Aceh utara Darsa S.sos. , disamping itu, momen ini kami juga menguji kelayakan peralatan SAR air yang kami miliki dan dapat kami sampaikan semua peralatan dalam keadaan normal serta bisa digunakan kapanpun saat dibutuhkan.” Ungkap Kasat Samapta.

TERBARU

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT