Santri Tahfdizul Qur’an Hidayatullah Singkil Wisata Religi ke Papan Tinggi Barus

Tapanuli Tengah, JBA – Puluhan santri dari Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Hidayatullah Singkil berwisata Religi ke Papan Tinggi Barus Tapanuli Tengah. Kegiatan tersebut di laksanakan Minggu 03 Maret 2024 dan dikuti oleh sekitar 60 santriwan dan santriwati ponpes tersebut.

Untuk mengisi waktu libur dan kosong para santri memanfaatkan waktu untuk berkunjung dan berziarah ke papan tinggi Barus Kab. Tapteng Sumut. Para santri memilih papan tinggi Barus sebab kota Barus Tapteng merupakan daerah yang bersejarah dan menjadi tiitk nol Islam nusantara yang sudah di resmikan oleh presiden RI. Artinya Barus ini menjadi objek wisata religi yg meski kita harus tau sejarah dan perkembangan nya.

Untuk itu kami mengajak para santri untuk datang dan berkunjung sekaligus berjiaran di makam para ulama yang ada di Barus tersebut .

Tujuannya adalah Para santri bisa berziarah ke makam papan tinggi dan bisa mengetahui sejarah kenapa di atas bukit papan tunggi itu bisa ada makam. Sekaligus sebagai rasa syukur atas para perjuangan ulama dalam rangka mendakwahkan agama Islam.

Kegiatan wisata religi ini juga sebagai bentuk pendidikan kepada para santri tentang kematian, sebab para santri ini di bawa ke papan tinggi untuk berziarah. Agar para santri selalu mengingat kematian.

Kata Ust. Hayamuddin Alhafiz selaku pimpinan Ponpes Tahfidhul Qur’ ab Hidayatullah yang ikut mendampingin para rombongan santri tersebut.

Semoga kegiatan seperti ini bisa di lakukan oleh santri ponpes lainnya. Sebab kegiatan seperti ini sangat positif untuk menambah pengetahuan para santri dalam mengamati alam dan lingkungan, sebab selama ini kan santri hanya berada di dalam ponpes rasanya sangat jenuh tambah Ust. Haya.

TERBARU

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT