Pohon Tumbang di Kawasan Gunung Geurute, Kasatlantas Arus Lalu Lintas Kembali Normal

Calang ,JBA – Sebuah pohon dilaporkan tumbang dan menutupi sebagian badan jalan di Km 68 jalan Nasional Banda Aceh – Calang, tepatnya di kawasan Gunung Geurutee, Desa Babah Ie, Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya, Kamis, 23 Mei 2024, sekira pukul 07.50 WIB.

Kapolres Aceh Jaya, AKBP Andy Sumarta, melalui Kasatlantas Iptu Asari, menyampaikan bahwa setelah menerima informasi dari masyarakat yang melintas, personel Polsek Jaya Polres Aceh Jaya yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Jaya IPDA Yuniadi dan Kasat Lantas Iptu Asari segera menuju Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan berkoordinasi dengan pihak pengawas jalan. Pohon tumbang tersebut telah menutupi sebagian badan jalan, mengakibatkan lalu lintas terganggu.

“Setelah mendapatkan laporan, kami langsung melakukan pembersihan dahan pohon yang tumbang dengan menggunakan gergaji mesin. Selama proses pembersihan, arus lalu lintas terpaksa diberlakukan sistem buka tutup karena pohon tersebut menutupi sebagian badan jalan,” ungkap Iptu Asari.

Beruntung, tumbangnya pohon tersebut tidak menyebabkan korban jiwa maupun kerugian materiil bagi masyarakat yang melintas. Sekira pukul 11.30 WIB, situasi di lokasi sudah kembali normal setelah pembersihan dilakukan oleh pihak Polsek Jaya Polres Aceh Jaya, Satlantas Polres Aceh Jaya, Koramil 01 Lamno, dan pihak pengawas jalan.

Kawasan Gunung Geurutee memang dikenal rawan pohon tumbang terutama saat terjadi hujan lebat disertai angin kencang. Oleh karena itu, kehadiran Polri dalam pengaturan lalu lintas dan pembersihan pohon sangat diperlukan untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas dan keselamatan pengguna jalan.

Iptu Asari juga mengingatkan para pengguna jalan untuk lebih berhati-hati saat cuaca ekstrem seperti hujan lebat dan angin kencang di kawasan Gunung Geurutee. Selain pohon tumbang, daerah ini juga rawan longsor yang dapat membahayakan pengguna jalan.

“Kami mengharapkan perhatian khusus dari pemerintah daerah terhadap lokasi rawan longsor dan pohon tumbang di Gunung Geurutee. Penanganan cepat dan langsung sangat diperlukan mengingat lokasi ini merupakan jalan Nasional Banda Aceh – Calang. Untuk keamanan pengguna jalan, kami berharap instansi terkait dapat memberikan rambu-rambu rawan longsor atau tanda peringatan hati-hati serta respons yang cepat apabila terjadi longsor atau pohon tumbang,” tutup Iptu Asari.

BERITA MINGGUAN

TERBARU

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT