Peringatan Isra Mi’raj Sebagai Momentum Evaluasi Diri




Banda Aceh, Jaringanberitaaceh.com – Gubernur Aceh Nova Iriansyah memberi sambutan pada peringatan Isra Mi‘raj Tahun 1443 H.

Peringatan Isra Mi’raj mengusung tema “Pemaknaan Shalat dalam Membentuk Kesalehan Sosial Masyarakat.” Kegiatan berlangsung usai shalat isya di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Minggu, 27 Februari 2022.

“Mari jadikan peringatan Isra Mi’ra j sebagai momentum untuk melakukan evaluasi dan memaknai shalat kita dengan pemahaman yang benar,” ujar gubernur dalam sambutannya.

Gubernur  menyampaikan dua refleksi terkait “Pemaknaan shalat dalam membentuk kesalehan sosial masyarakat.”

Pertama, shalat itu mendidik kaum muslimin agar dapat menjaga dan merawat kebersamaan.

Kedua, secara praktis shalat yang dilakukan memiliki tujuan dan maksud yang satu dan menghadap ke arah yang sama, yaitu Ka’bah, dan dilaksanakan dalam keadaan suci lahir dan batin.

“Kebersamaan dan persatuan mesti dirawat dan dipertahankan, karena semangat ini akan menimbulkan kesalehan sosial, saling pengertian, sikap toleran dan saling melengkapi antar sesama kaum muslimin,” kata gubernur.

Gubernur menyebut contoh saat pengucapan takbir dalam shalat. Di sana tergambar pengakuan terhadap kebesaran Allah SWT atas segala ciptaannya. Pengakuan itu dikatakan menjadi sandaran bahwa secara fitrah penciptaan, manusia adalah makhluk yang sangat lemah.

“Karena itu sangatlah tidak pantas sebagai makhluk sosial, untuk bersikap sombong, takabur, arogan, congkak dan sikap-sikap buruk lainnya dalam hidup dan kehidupan kita,” ujar gubernur.

Kegiatan itu diikuti unsur Forkopimda Aceh, staf ahli gubernur, para asisten Sekda Aceh, para Kepala SKPA dan SKPK Banda Aceh serta sejumlah tamu lainnya.

 

spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT