Peringatan HSN 2023 Tingkat Kota Banda Aceh Berlangsung Khitmad

Banda Aceh, JBA – Pelaksanaan Upacara Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2023 Kota Banda Aceh berlangsung di Pesantren Modern Babun Najah, Gampong Ie Masen Ulee Kareng. Upacara HSN di Banda Aceh diikuti ratusan peserta.

Kakanmenag Kota Banda Aceh, Tgk H Abrar Zym, SAg MH membacakan teks pidato tertulis dari Kementerian Agama Republik Indonesia, yang mengusung tema“Jihad Santri, Jayakan Negeri.

Abrar Zym menyebutkan hari santri mengingatkan kita kepada peran besar para santri dan kiyai serta ulama-ulama pendahulu dalam mempertahankan kemerdekaan RI dari serangan penjajah. Resolusi Jihad yang berisi fatwa melawan penjajahan Belanda membuktikan betapa besar jasa santri, kiyai, ulama nusantara dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia.

“Cinta tanah air adalah sebagian dari iman. Karenanya, peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2023 patut menjadi bahan renungan untuk mengajak kita meneladani semangat para santri terdahulu yang telah berjuang sepenuh hati,” ujar Abrar Zym membaca teks.

Pada masa kemerdekaan seperti sekarang ini, peran kaum santri termasuk para intelektual muslim masih sangat dibutuhkan untuk memajukan bangsa Indonesia. Santri menjadi pelopor kemajuan bangsa. Santri harus menjadi contoh yang baik dalam masyarakat, menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan, toleransi dan persatuan.

Santri juga harus senantiasa melahirkan inovasi baru dalam berbagai bidang. Apalagi bangsa Indonesia saat ini menghadapi berbagai tantangan global, karena itu santri harus mengambil peran kunci dalam menjaga keutuhan nilai-nilai keagamaan dan moral dalam masyarakat.

Kini santri di nusantara sudah diperhitungkan dalam pusaran elit nasional. Berbagai alumni santri kini berkiprah di jabatan strategis negara, ada yang jadi menteri, TNI/Polri, wakil presiden bahkan calon Wakil Presiden 2024 berasal dari alumni santri.

Abrar Zym mengajak dan memotivasi seluruh peserta untuk mengucapkan jargon: “Hari santri 2023, Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan.

Turut hadir pada peringatan tersebut Kapolsek Ulee Kareng, para Kasi Kankamenag Kota Banda Aceh, Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah Kota Banda Aceh serta tamu undangan lainnya.

BERITA MINGGUAN

TERBARU

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT