Kali ini Pemerintah Kota Sabang memperkenalkan lima jalur rempah, mulai dari sejarah, kesenian, Wastra, kuliner, dan rempah. Mengangkat tema “Sabang Golden Island”.

Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi menyebutkan, beberapa rempah yang akan dipamerkan seperti minyak kayu kelapa, manisan pala, sinang, sirup pala, manisan belimbing, sirup belimbing, minyak VCI, dan kakao.

Reza menjelaskan dari sisi sejarah, pameran ini disuguhkan alur perjalanan sejarah Sabang dari masa penjajahan Belanda dan Jepang, serta peran Kota Sabang terhadap rempah yang hingga kini telah menjadi perdagangan bebas.

“Misal sejarah mulai zaman Belanda, kemudian bagaimana peran Sabang dalam jalur rempah serta produk-produk turunan dari rempah. Jadi kita tau bagaimana sejarah bagaimana posisi Sabang di era rempah terdahulu seperti apa,” kata Reza saat konferansı pers di Anjungan PKA Sabang, Minggu 5 November 2023.

Selain rempah, wisata bahari Sabang juga dikenalkan pada PKA-8. Kemudian juga menampilkan wastra yaitu produk hasil karya pengrajin Kota Sabang, berupa kain motif bungong u dan motif ombak, serta kerajinan kayu kelapa yang sudah memiliki hak cipta tahun 2019 dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM).

Dari sisi perlombaan, Reza mengaku hampir seluruhnya diikuti, dengan harapan mendapat juara umum pada PKA-8 ini. “Minimal kita memperoleh yang terbaik dan anjungan kita banyak pengunjung. Kita juga berharap tampilan-tampilan yang sudah kita buat dan kita desain ini, menjadi sarana mempromosikan Sabang sekaligus menambah wawasan pengunjung,” imbuhnya.