Panwaslih Aceh Jaya Laksanakan Sosialisasi dan Rakor Pengawasan Pemilu

Calang, JBA – Sosialisasi dan Rapat Koordinasi pengawasan pencalonan Presiden dan Wakil Presiden serta anggota DPR, DPD, DPRA, dan DPRK kembali dilaksanakan oleh Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Jaya, Kamis (12/10).

Kali ini kegiatan dilaksanakan di Hotel Pantai Barat, Calang. Para peserta Rakor yang hadir berasal dari pengurus Partai Politik, Jurnalis, Karang Taruna, pihak Kesbangpol, dan Satpol PP Kabupaten Aceh Jaya.
Tema yang diangkat dalam rapat koordinasi tersebut ialah “Strategi pencegahan politik identitas dan berita hoax pada pelaksanaan Pemilu 2024”, dengan menghadirkan dosen Ilmu Politik Unimal sebagai narasumber, Mulyadi, MA.
Kegiatan Rakor yang dilaksanakan dibawah divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat (HP2H) dibuka langsung oleh Ketua Panwaslih Kabupaten Aceh Jaya, Muhammad Afzal, SE, MM, kemudian dilanjutkan dengan sesi persamaan persepsi yang dipandu oleh narasumber.
Mulyadi, MA, dalam materinya menyampaikan bahwa semua pihak baik parpol, Pemerintah Daerah, Lsm dan Okp, dan penyelenggara pemilu perlu memberikan pendidikan politik kepada masyarakat, dengan strategi masing-masing untuk mencegah politik identitas, informasi hoax, dan money politik.
“Semua elemen masyarakat memiliki tanggung jawab yang sama untuk menyukseskan pemilu yang berkualitas dan penuh integritas, untuk tujuan yang diharapkan negara dan masyarakat. Tujuan dari ini semua adalah untuk kemakmuran rakyat.” Pungkasnya.
Untuk diketahui, dalam pertemuan yang dihadiri oleh 20 orang peserta, semua sepakat untuk menghindari politik identitas, informasi hoax, money politik dan ketentuan lainnya yang dilarang undang-undang. Bahkan salah satu perwakilan parpol yang hadir berharap kegiatan seperti ini bisa secara terus menerus dilakukan dengan berbagai kelompok masyarakat.

BERITA MINGGUAN

TERBARU

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT