Pameran KUMKM se-Aceh Akan Digelar, Ini Lokasinya

Banda Aceh, JBA – Pameran Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM), Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Aceh, akan digelar pada tanggal 20 sampai 22 Agustus 2023, dipusatkan di halaman Gelanggang Olahraga dan Seni (GOS) Meulaboh kabupaten Aceh Barat yang akan dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) gubernur Aceh, Achmad Marzuki. Kegiatan tahunan tersebut merupakan rangkaian peringatan Hari Koperasi ke-76 dan Hari UMKM ke-7.

Kegiatan tersebut yang dihadiri seluruh Kabupaten Kota se- Aceh akan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, baik dari Koperasi binaan kabupaten kota maupun pelaku UMKM dengan bakal memamerkan produk unggulan mereka.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Aceh, Azhari, S.Ag, M.Si mengatakan, UMKM dan Koperasi mempunyai peran penting dalam kegiatan ekonomi Indonesia terutama dalam penciptaan lapangan kerja serta pemberdayaan rumah tangga yang mendukung pendapatan keluarga. Sehingga pada pameran yang berlangsung beberapa hari ke depan dapat menjadi wahana promosi bagi produk lokal.

“UMKM dan koperasi adalah usaha ekonomi produktif yang dijalankan oleh perorangan atau badan usaha kecil. Di Indonesia, artinya UMKM dan koperasi memegang peranan yang sangat penting dalam perekonomian negara,” kata Azhari, Sabtu (19/8/2023).

“Hal ini dikarenakan sektor UMKM dan koperasi memberikan kontribusi terbesar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), menyerap lapangan kerja paling banyak, dan relatif tahan terhadap krisis keuangan,” tuturnya.

Lebih lanjut, Azhari menyampaikan, setiap daerah baik dari koperasi binaan kabupaten kota maupun UMKM semuanya memiliki stand di lokasi kegiatan untuk memamerkan produk unggulan yang ada di daerah mereka, sehingga dapat dikenal lebih luas oleh masyarakat.

“Pameran produk UMKM dan koperasi salah satunya untuk meningkatkan daya saing, baik ditingkat lokal maupun nasional bahkan mancanegara,” ujarnya.

Selain itu juga lanjutnya, sebagai media promosi Scale Up UMKM agar lebih dikenal luas oleh masyarakat, sebagai Media Edukasi, Promosi dan Transaksi Produk UMKM dan dukungan nyata dalam menggenjot kunjungan wisatawan.

Pada Kegiatan ini juga akan lakukan penyerahan penghargaan untuk Koperasi Berprestasi, Penyerahan Bantuan Peralatan Kerja ke UMKM Kuliner, Sertifikat Halal dan Penyerahan KUR kepada UMKM dari BSI dan BAS.

“Seluruh booth/tenant (peserta) Pameran Hari UMKM dan koperasi binaan juga akan dinilai oleh tim juri. Indikator penilaian yang akan dilombakan yaitu dekorasi, kerapian dan kebersihan, penjualan, kreatifitas, dan persentasi produk yang di perssentasikan oleh peserta pameran kepada tim penilai, booth stand terbaik akan diumumkan pada closing ceremony acara,” ujar Azhari.

Tak hanya itu, kata Azhari dari koperasi binaan kabupaten kota se-Aceh juga ikut dalam pameran tersebut diantaranya, Koperasi Pemasaran Pusat Kartika Iskandar Muda (SKD), Koperasi Konsumen Syariah Buet Jaroe Pango Deah, Koperasi Hudep Beusaree Syariah, Koperasi Produsen Peulalu sejahtera Mandiri Syariah, Kopsen Gayo Sinar Cemerlang dan Kopwan Pekka.

“Beriringan dengan pelaksanaan kegiatan, juga diadakan demo proses produksi kerajinan tangan, selama kegiatan berlangsung yang bakal menarik minat antusiasme pengunjung expo untuk melihat proses produksi produk handcraft kriya yang ada di Provinsi Aceh,” pungkasnya.

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT