Lantik Adik jadi Sekretaris DPMG, PUSDA: Itu Hak Prerogatif Pj Wali Kota

Banda Aceh, Jaringanberitaaceh.com – Sebanyak enam pejabat eselon III di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh dievaluasi oleh Pj Wali Kota Banda Aceh, Bakri Siddiq. Jabatan Sekretaris DPMG Kota Banda Aceh menjadi sorotan, dimana posisi ini dijabat oleh Zulfikri Razali SE MM, yang juga adik Bakri Siddiq.

Ketua Pusat Studi Pemuda Aceh (PUSDA), Heri Safrijal SP MTP menanggapi bahwa itu hal biasa, dan pemilihan pejabat itu sendiri merupakan hak prerogatif pemimpin tertinggi Kota Banda Aceh.

“Pelantikan eselon III ini hak prerogatif Pj Wali Kota Banda Aceh, dalam hal ini Bakri Siddiq,” jawab aktivis ini, di Banda Aceh, Sabtu, 21 Januari 2023.

Dalam pemilihan pejabat, sebut Heri, Bakri Siddiq tentu sudah dilakukan dengan berbagai pertimbangan dan penilaian, bahkan sudah berkoordinasi dan mendapat persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Kalau pun adanya pergantian baik rotasi atau promosi, itu kewenangan Bakri Siddiq, dan tentu sudah berkoordinasi dengan kementrian,” tambah mantan Sekretaris Jenderal BEM USK ini.

Terpenting dalam pelantikan ini, ulas Heri, pejabat yang diberi amanah hendaknya bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi), dan tentu diposisikan untuk menunjang kinerja Bakri Siddiq sebagai Pj Wali Kota Banda Aceh, yang dituntut untuk menuntaskan persoalan besar di kota Banda Aceh. Dalam menjalankan roda pemerintahan, pejabat yang dilantik bisa bersinergi dan bekerja sama dengan pejabat lain.

Menurutnya, soal siapa yang mengisi jabatan itu merupakan hal biasa, selagi pejabat tersebut masih berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN).

“ASN boleh-boleh saja, apakah itu dia mau ke provinsi atau ke jenjang vertikal lain, itu boleh saja,” katanya.

Apalagi saudara Zulfikri sudah kaya pengalaman di birokrasi. Sejak diangkat PNS di Kota Subulussalam dari tahun 2010 bekerja di staf, Kasi, Kabid, dan juga Sekretaris DPMG Kota Subulussalam, bahkan sudah lulus lelang jabatan di DPMG Kota Subulussalam. Sekarang ia sedang menyelesaikan program doktor (S3) di Unsyiah.

Heri menilai Zulfikri kaya pengalaman organisasi-organisasi, baik tingkat kota juga tingkat provinsi. Salah satunya pernah menjabat sebagai bendahara Pemuda Aceh Selatan (PAS) 2008-2010, juga wakil ketua KNPI Kota Subulussalam, dan Wakil Ketua PMI Kota Banda Aceh.

Kehadirannya di Sekretaris DPMG Kota Banda Aceh, ke depannya mampu melakukan pertumbuhan ekonomi gampong, UMKM gampong, dan meningkatkan laju pembangunan dimulai dari desa ke kota.

“Zulfikri punya kapasitas dan kredibilitas menurut saya itu buka KKN, karena yang bersangkutan memang pantas untuk menduduki jabatan tersebut,” tutup Heri.

TERBARU

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT