KUA Kuta Alam Tuntaskan Tes Baca Quran Calon Keuchik dari 8 Desa




Banda Aceh, JBA – Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kuta Alam bersama tim telah selesai menguji keseluruhan bakal calon keuchik dari 8 gampong yang melaksanakan Pilchiksung di Kecamatan Kuta Alam

Bersama Tim Penguji diketuai oleh Pak Kepala KUA Tgk Drs Erman Jaya MAg, ust Edy Iswandy ZA, S. Sos.I dan Tgk Muhammad Ali Donur, SH sebagai anggota

Uji Baca Al Qur’an Bakal Calon Keuchik gampong Kuta Baro (Lampineung) kemaren tgl 12 Sept 2023, sebagai gampong terakhir dari Delapan gampong yang melaksakan uji tes baca al quran.

Menjadi perangkat desa setingkat keuchik, sepertinya jabatan yang juga sangat diminati oleh sebagian kalangan, baik yang tua sampai kalangan muda (melenial) di Aceh akhir-akhir ini,” kata Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kuta Alam Tgk Drs Erman Jaya.

Pemilihan Keuchik harus berdasarkan regulasi qanun yang berlaku di Provinsi Aceh yaitu Qanun nomor 4 tahun 2009 menyatakan bahwa setiap bakal calon keuchik harus lulus tes uji baca Al Quran.

Siapapun calon perangkat desa (keuchik) menurut Qanun tersebut harus memenuhi persyaratan lulus tes baca Al-quran serta persyaratan lainnya seperti memiliki akte kelahiran, surat bebas narkoba maupun SKCK, sehat jasmani dan rohani dan persyaratan lain yang telah ditetapkan.

Sebagaimana harapan dari Wali Kota, dimana seluruh pegawai baik aparatur pemerintah kabupaten hingga perangkat desa keuchik wajib mampu baca Al Quran

ÔÇťOtomatis bagi kontestan yang tidak mampu (tidak lulus) dalam tes uji baca al quran yang dilaksanakan oleh pihak KUA Kecamatan Kuta Alam, maka tidak bisa ikut dalam kontestasi pemilihan Keuchik,” tegas Erman Jaya.

Adapun Gampong yang telah mengikuti Tes Uji Baca Al Quran adalah :
1. Gp. Laksana 6 calon yg ikut 5 calon
2. Gp keuramat 8 calon yg ikut tes 6 org
3. Gp. Mulia 2 calon
4. Gp kuta alam 2 calon
5. Gp Bandar Baru 3 calon
6. Gp Keuramat 3 calon
7. Gp Kota Baru 3 calon
8. Gp Kota Baru 3 calon

Dari 27 orang kontenstan bakal calon keuchik yang mengikuti tes uji baca Al Quran tersebut hanya 1 orang yang tidak lulus, dan ada juga yang bacaan Al Qurannya masih sangat memprihatinkan nya 2 orang tidak hadir dengan alasan sakit dan sedang diluar daerah, “Saya sangat berharap kepada pemko agar membuat sebuah program pembinaan baca Al Quran bagi kalangan muda dan orang tua, agar bacaan al quran nya menjadi baik dan benar” tegas Kepala KUA yang juga sebagai Ketua Umum Pengurus Wilayah (PW) Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Provinsi Aceh ini.

Selanjut nya Kepala KUA Kecamatan Kuta Alam menyampaikan hal hal yang menjadi penilain adalah Tajwid, fashahah, makharijul huruf dan tahsin (kelancaran membaca al quran)

Di Kecamatan Kuta Alak ini ada 11 Gampong, 8 gampong akan memilih Calon Keuchik , Sedangkan Empat gampong lagi masih lama masa kerja keuchiknya yaitu Lambaro Skep, Lampulo, Lamdingin dan Gampong Beurawe, sehingga 4 gampong tidak mengikuti pilchiksung.

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT