Kompolnas RI Cek Kesiapan Pengamanan Sirkuit Mandalika

Lombok Tengah, Jaringanberitaaceh.com – Komisi Kompolnas RI mengecek secara langsung persiapan pengamanan Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). Tinjauan itu untuk memastikan perhelatan Moto GP 2022 berjalan aman dan lancar.

“Kompolnas melakukan survei kesiapan rencana pengamanan Moto GP Mandalik,” kata Ketua Tim Kompolnas RI Pudji Hartanto Iskandar, Sabtu, 26 Februari 2022.

Hasil pemaparan Polda NTB, pihaknya mendapatkan kepastian bahwa perhelatan event internasional akan berjalan aman dan damai. Ditambah lagi pihak di NTB sudah berkerja sama dan bersinergi dalam memastikan keberlangsungan Moto GP 2022.

“Sistem pengamanan sudah disiapkan dan insyaallah akan aman. Tapi tidak lepas dari sinergitas dengan pemangku kepentingan yang lain. Ini kerjanya bangsa Indonesia, maka perlu sinergitas terhadap pelaksanaan Moto GP Mandalika 2022, termasuk pengamanan,” ujarnya.

Pudji tetap mengingatkan kepada jajaran kepolisian untuk tetap mewaspadai dan mengantisipasi potensi masalah yang mengganggu event. Seperti munculnya isu calo tiket dan hotel yang jadi perbincangan. Hal tersebut merugikan banyak pihak dan menimbulkan kegaduhan.

Sekecil apapun masalah harus diatensi, agar perhelatan Moto GP berjalan lancar dan pengunjung nyaman datang ke NTB.

“Dari segi pengamanan, Polri sudah siap untuk mengamankan jalannya event,” ucapnya.

Ketersediaan akomodasi, baik hotel ataupun transportasi harus menjadi atensi. Pengaspalan ulang jalur lintasan juga harus siap sesuai target.

“Laporan dari Wakil Presiden ITDC, lokasi yang sedang dibangun, seperti pengaspalan, perbaikan, dan sebagainya, dua hari sebelum event sudah siap,” tuturnya.

 

Pudji Hartanto menekankan supaya tidak timbul gejolak di tengah masyarakat. “Jangan timbul gejolak di masyarakat sekitar, baik masalah lahan maupun lainnya,” kata Pudji, menambahkan.

Dia berharap tidak ada masyarakat yang memanfaatkan keadaan dengan membuat kegaduhan dan menimbulkan berita tidak baik.

“Hindari ego sektoral, semua stakeholder harus bersinergi agar semua selesai tepat waktu. Sosialisasikan bagaimana berjalannya event nanti, mulai dari pintu masuk, antrian, penukaran tiket menjadi gelang, keamanan, dan penyekatan,” pungkasnya.

Kabid Humas Polda NTB Kombes Artanto mengatakan, pihaknya bersama Polres jajaran akan memaksimalkan sosialisasi kepada masyarakat dan penonton Moto GP.

“Kami maksimalkan sosialisasi terkait rekayasa lalu lintas bagi penonton ke sirkuit, penggunaan drone, lokasi tukar tiket/gelang, lokasi parkir, dan sebagainya agar masyarakat paham. Aspek pengamanan kami tambahkan personel dan peralatannya, mengawal logistik Moto GP, dan simulasi pengamanan perairan oleh Polairud Polda NTB bersama stakeholder kemaritiman,” kata Artanto, setelah Kompolnas..

TERBARU

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT