KIP Aceh Tamiang Gelar Rapat Pleno Terbuka Hasil Rekapitulasi Tahun 2024

Karang Baru, Jaringanberitaaceh.com |  Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Tamiang menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat Kabupaten Aceh Tamiang pemilu tahun 2024.

 

Acara tersebut berlangsung di Ruang Sidang Utama Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Tamiang, Sabtu, 2 Maret 2024.

 

Ketua Panitia Pelaksana sekaligus Sekretaris KIP Aceh Tamiang Achmad Yuhardha menyampaikan, kegiatan ini merupakan pembukaan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Kabupaten Aceh Tamiang Pemilu Tahun 2024.

 

Rapat Pleno terbuka ini dilaksanakan selama tiga hari, terhitung sejak tanggal, 2, 3 dan 4 Februari 2024,” ucap nya.

 

Achmad Yuharda menjelaskan, dalam rapat pleno terbuka ini dengan jumlah peserta 24 orang dari para saksi partai politik, 32 orang dari peserta KIP Aceh Tamiang dan 60 orang anggota PPK, ungkapnya.

Dikesempatan tersebut, PJ Bupati Aceh Tamiang diwakili oleh Staf ahli bidang Pemerintahan, Politik dan Hukum Sekdakab Drs. Maddiah., M.Pd, menyampaikan, kami atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang sangat mengapresiasi dan berterimakasih terkhusus kepada pihak penyelenggara Pemilihan Umum, KIP Aceh Tamiang, Panwaslih Aceh Tamiang dan Para Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam Kabupaten Aceh Tamiang.

 

Beliau juga mengapresiasi kepada pihak keamanan TNI/POLRI Satpol PP. WH dan Pamdal KIP yang telah mengamankan dan mengawal jalannya pemilihan umum.

Rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara di Tingkat Kabupaten yang kita gelar ini merupakan proses penghitungan atau penjumlahan hasil dari rekapitulasi dari masing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di tingkat Kecamatan.

 

Rekapitulasi hasil di tingkat kecamatan yang nantinya di tingkat kabupaten akan menjumlahkan hasil dari kecamatan dengan perolehan suara baik Calon Presiden dan Wakil Presiden, Caleg Parpol dan Calon DPD.

 

Ia juga berharap, kiranya rapat pleno terbuka ini dapat berjalan dengan baik, lancar dan transparan.

 

Dalam pesannya, kepada TNI dan Polri, Satpol PP. WH dan Pamdal KIP untuk tetap menjaga keamanan agar rapat pleno terbuka di tingkat Kabupaten ini berjalan dengan lancar dan untuk para caleg dan saksi, kiranya dapat menghormati pilihan masyarakat karena yang memilih adalah masyarakat,” ungkap Drs. Maddiah, M.Pd.

 

Ketua KIP Aceh Tamiang Rita Afrianti dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya atas tanggung jawab dan dedikasinya 6391 petugas KPPS, 1826 petugas keamanan baik TNI-Polri dan aparatur pemerintah kampung serta aparatur pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang.

 

Ia mengatakan, meskipun diera keterbukaan informasi publik banyaknya pihak-pihak yang merilis prediksi calon terpilih, baik DPD RI, DPR-RI dan DPRK, namun rekap yang formal dan berkepastian hukum tetap menunggu hasil ketetapan hasil pengumuman dari KPU,” sebut Ketua KIP Aceh Tamiang, Rita Afrianti.

 

Dalam pelaksanaan rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Kabupaten Aceh Tamiang Pemilu Tahun 2024 tampak hadir Ketua DPRK Aceh Tamiang, Suprianto, ST, Staf ahli bidang Pemerintahan, Politik dan Hukum Sekdakab Drs. Maddiah., M.Pd, Ketua KIP Aceh Tamiang, Rita Afrianti, Ketua MAA, Dandim 0117/Aceh Tamiang, Letkol Inf. Andi Arianto, S.I.P., Kapolres Aceh Tamiang, AKBP. M. Yanis, S.I.K, Kejari Aceh Tamiang, Ketua Pengadilan Kualasimpang, Bawaslu Aceh Tamiang, TKD Capres 01 dan Capres 02, Ketua PPK dan anggota, para Ketua dan Pengurus Partai Politik(Parnas dan Parlok). dan para saksi partai politik.

 

TERBARU

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT