Kenali Risiko Kelistrikan, PLN UID Aceh Imbau Warga Terapkan Tips Ini

Banda Aceh, JBA – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Aceh terus menunjukkan kepeduliannya terhadap keselamatan masyarakat dalam penggunaan listrik dengan memberikan tips kelistrikan. Parulian Noviandri, General Manager PT PLN (Persero) UID Aceh, dalam keterangannya, Selasa (12/12), menyampaikan pentingnya kesadaran akan risiko penggunaan listrik.

“Listrik merupakan energi yang sangat berguna bagi kita semua dan menjadi kebutuhan sehari-hari tetapi juga memiliki potensi bahaya serius jika tidak digunakan dengan benar,” ujarnya.

Novi menekankan bahwa PLN tidak hanya fokus pada penyediaan pasokan listrik yang handal, tetapi juga berkomitmen untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang praktik keselamatan yang benar, sehingga mereka dapat terhindar dari potensi bahaya listrik.

Dalam penjelasannya, Novi mengingatkan masyarakat bahwa listrik harus digunakan dengan bijak, mengingat potensi bahaya seperti arus pendek atau korsleting yang sering terjadi akibat ketidakpahaman atau kelalaian. Sesuai dengan Permen ESDM No 11 2021, tanggung jawab PLN hanya sampai pada alat ukur atau pembatas (MCB), sedangkan tanggung jawab pelanggan mencakup kWh meter hingga instalasi listrik rumah.

“Oleh karena itu, pelanggan perlu melakukan pemeriksaan instalasi listrik oleh Lembaga Inspeksi Teknis (LIT) dan disarankan untuk mengecek instalasi listrik rumah secara rutin,” tambahnya.

Novi merinci langkah-langkah pencegahan yang dapat diterapkan masyarakat, antara lain, menggunakan peralatan listrik sesuai dengan standar SNI, menghindari pemakaian peralatan listrik rusak atau kabel terkelupas, memastikan kondisi peralatan baik, menggunakan kabel sesuai standar keamanan, dan selalu mematikan peralatan listrik saat tidak digunakan sebelum meninggalkan rumah atau ruangan.

“Jauhkan anak-anak dari sumber listrik yang tidak aman dan ajarkan mereka tentang bahaya listrik serta pentingnya menghindari permainan yang melibatkan kabel listrik atau stop kontak,” pungkasnya.

PLN juga memberikan sejumlah tips keselamatan kelistrikan yang dapat diterapkan oleh masyarakat:

Hati-hati Saat Memasang Baliho atau Spanduk
Masyarakat diimbau untuk memperhatikan detail saat memasang baliho atau spanduk di area publik. Sebelum memulai pemasangan, periksa dengan cermat apakah ada kabel listrik yang terpasang di sekitar lokasi. Penggunaan alat yang sesuai dan kehati-hatian ekstra dapat mencegah kejutan listrik yang berpotensi berbahaya.

Keselamatan Saat Memperbaiki Atap Rumah
Dalam melakukan pekerjaan perbaikan atap rumah, penting untuk memastikan bahwa pekerjaan dilakukan dengan penuh perhatian terhadap keberadaan kabel listrik di sekitar area kerja. Gunakan peralatan yang tepat dan pastikan pemahaman penuh tentang risiko keselamatan kelistrikan untuk mencegah insiden yang tidak diinginkan.

Pemeliharaan Peralatan Elektronik di Rumah
PLN mendorong masyarakat untuk menjalani pemeriksaan rutin terhadap peralatan elektronik di rumah. Pastikan kabel listrik tidak mengalami kerusakan atau terkelupas, dan tindakan perbaikan segera diperlukan untuk menghindari potensi risiko kejutan listrik yang dapat terjadi.

Penggunaan Perangkat Elektronik di Dekat Air
Mengingat risiko kejutan listrik, hindari penggunaan perangkat elektronik di dekat air atau dalam kondisi tubuh yang basah. Pastikan colokan dan kabel listrik tetap kering untuk mencegah insiden keamanan yang dapat dihindari.

Novi juga menambahkan bahwa dalam hal terjadi gangguan listrik, masyarakat dapat dengan mudah melaporkan gangguan tersebut melalui aplikasi PLN Mobile yang dapat di unduh melalui PlayStore atau AppStore. Dengan demikian, masyarakat dapat berperan aktif dalam memastikan kenyamanan dan keselamatan listrik di wilayah mereka.

Dengan memberikan tips ini, PLN berharap dapat menjaga keselamatan masyarakat dan menciptakan lingkungan yang aman dalam penggunaan kelistrikan sehari-hari.

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT