Kadis DPMG Aceh Buka Pelatihan Posyantek 2023

Banda Aceh, JBA – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakata dan Gampong Aceh, yang diwakili Kepala Bidang Pengembangan Kawasan Sumber Daya Alam dan Teknologi Tepat Guna, Drs. Wardana, M.Si membuka secara resmi Pelatihan Posyantek Tahun 2023 di Rasamala Hotel, Banda Aceh, Selasa, 12/9/2023.

Dalam sambutannya Kepala DPMG Aceh mengatakan posyantek merupakan salah satu wadah penoingkatan sumber ekonomi, sehingga posyantek diharapkan mampu menumbuh kembangkan jiwa jiwa inovasi dan penemuan baru dalam pengembangan teknologi tepat guna (TTG) dan juga mampu meningkatkan nilai tambah dan produktivitas dalam memanfaatkan sumber daya alam lokal yang akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat gampong.

“Keberadaan Posyantek sangat lah penting dalam hal pengembangan inovasi dan penemuaan alat alat teknologi yang dapat memudahkan masyarakat dalam pengelolaan sumber daya alam yang ada di gampong,” jelas Wardana.

Wardana juga menambahkan bahwa Pemerintah Aceh telah berupaya melakukan revitalisasi Posyantek, baik melalui penetapan posyantek pilot projek maupun dalam hal peningkatan kapasitas pengurus posyantek yang dilakukan hampir setiap tahun.

Namun berdasarkan evaluasi dalam dua tahun terakhir, posyantek pilot projek tidak ada perkembangan dan peningkatan serta pelatihan yang dilakukan kurang dapat di implementasikan dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat.

“Mulai tahun ini kita merubah pola pelatihan yaitu dalam bentuk pelatihan Vokasi atau pelatihan dalam hal untuk menunjang penguasaan keahlian terapan tertentu,”pungkas Wardana.

Kegiatan pelatihan posyantek kali ini mengarah ke peningkatan pengetahuan dan ketrampilan teknisi air conditioner (AC) yang diikuti oleh 20 orang peserta perwakilan dari 16 posyantek kabupaten/kota.

DPMG Aceh berkejasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Banda Aceh dalam melatih peserta yang dilaksanakan selama 4 (empat) hari sejak tanggal 12 s.d 15 September 2023.

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT