Dua Putra Asal Samadua Wakili Aceh Ikut Even Nasional

Jakarta, Jaringanberitaaceh.com – Dua putra asal Samadua, Kabupaten Aceh Selatan mewakili Aceh untuk mengikuti kegiatan nasional. Keduanya adalah Penghulu di KUA Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh, Tgk Drs Erman Jaya MAg yang mengikuti bimbingan teknis (Bintek) penulisan naskah khutbah Jumat di Jakarta.

“Saya lulus seleksi, lalu diundang ke Jakarta untuk Bimtek. Pasca bimtek akan menjadi penulis tetap khutbah Jumat di Kemenag RI,” ujar Ketua Umum Pengurus Wilayah Asosisasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Provinsi Aceh, Erman Jaya, di Jakarta, Kamis, 11 Mei 2023.

Menurutnya, khutbah memang perlu disusun materi dengan baik dan sistematis. Dalam kondisi tertentu materi khutbah perlu diseragamkan, supaya pesan-pesan agama dan negara sampai kepada masyarakat.

Selain itu, Penyuluh Agama Islam pada KUA Kecamatan Samadua, Tgk Khaifal Muddin SHI mengikuti bimtek Sekolah Penyuluh dan Penghulu Aktor Resolusi Konflik (SPARK) di Jakarta, sejak 8-11 Mei 2023.

“Kami bimtek bersamaan, tapi di tempat berbeda dengan even berbeda pula,” kata Kaifal Muddin.

Kaifal Muddin bersyukur bisa jadi bagian dari aktor resolusi konflik, karena mendapatkan pengetahuan yang tak biasanya, seperti ilmu intelijen yang diisi pemateri dari Badan Intelijen Negara (BIN) dan memahami pergerakan teroris yang diisi materi oleh Subdit Anti Teror Densus 88.

“Ini pengalaman menarik, dan akan ada tindaklanjut pasca bimtek, untuk mendeteksi dini dan meredam konflik,” katanya.

TERBARU

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT