DPMG Aceh Fasilitasi Kabupaten Pidie Susun RPKP 2025-2029

Banda Aceh, JBA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh siap membantu Pemerintah Kabupaten Pidie dalam menyusun Rencana Pembangunan Kawasan Perdesaan (RPKP) Tahun 2025-2029.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh, Dr.Ir. Zulkifli, M.Si yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengembangan Kawasan Sumber Daya Alam dan Teknologi Tepat Guna, Drs.Wardana, M.Si dalam acara Forum Group Discussion (FGD) dalam rangka Fasilitasi Penyusunan Rencana Pembangunan Kawasan (RPKP) di Aula DPMG Aceh , Kamis,12/10/2023.

“Kami sangat mengharapkan peran serta para Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang mempunyai keterkaitan dengan dokumen Rencana Pembangunan Kawasan Perdesaan untuk pro aktif terlibat secara maksimal sesuai tugas dan fungsi masing – masing para Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) agar dokumen cepat terselesaikan sebagaimana harapan Pemerintah Aceh dan Kementerian Desa sesuai yang diamanahkan dalam Permendes Nomor 5 Tahun 2016 Tentang Kawasan Perdesaan,”harap Wardana.

Lebih lanjut Wardana menyampaikan,Pemerintah Pusat perlu menyusun arah dan strategi pembangunan desa dan perdesaan untuk menjadi masukkan dalam perumusan RPJMN 2025 – 2029 dan readiness criteria Desa Prioritas Nasional (DPN) dan Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN).

“RPKP mempunyai fungsi untuk merumuskan arah kebijakan pembangunan di tingkat Kabupaten,Provinsi dan Pemerintah Pusat.”jelas Wardana.

sementarqa itu Tenaga Ahli Kawasan Dr. Maimun, SE, Ak, M. Si , yang juga Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Ar – Raniry Banda Aceh, mengatakan pembangunan desa merupakan titik simpul terkecil pembangunan, sehingga mendominasikan pembangunan di desa akan memberikan dampak simultan terhadap pembangunan pada lingkup kewilayahan yang lebih luas.

“Pembangunan didesa tidak seharusnya hanya berfokus pada keberadaan desa tersebut sebagai sebuah wilayah tersendiri. Namun desa harus dibangun dalam sebuah kerangka pembangunan yang saling keterhubungan, terencana dan terpadu dengan desa desa yang lain sebagai sebuah kawasan yang satu sama lainnya saling berintegrasi dan bersinergi,”jelas Maimun.

Kegiatan FGD Fasilitasi Tindak Lanjut Penyusunan Rancangan Rencana Pembangunan Kawasan Perdesaan (RPKP) Kabupaten Pidie Tahun 2023 dihadiri oleh Kepala Dinas/Badan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Pidie yang membidangi penyusunan rancangan Rencana Pembangunan Kawasan Perdesaan (RPKP),Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong dan beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang mempunyai keterkaitan dengan Penyelesaian Dokumen Rencana Pembangunan Kawasan Perdesaan (RPKP).

TERBARU

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT