Dosen UIN Ar-Raniry Bedah Buku Maqasid Syariah

Banda Aceh, Jaringanberitaaceh.com – Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh melaksanakan bedah buku Maqasid Syariah, Selasa, 9 Mei 2023, di ruang teater FSH, Banda Aceh.

Buku tersebut karya dosen FSH, prodi Perbandingan Mazhab dan Hukum, Dr Jabbar Sabil MA, yang diterbitkan Raja Grafindo Persada pada Oktober 2022.

Hadir sebagai pembedah Prof Dr Alyasa’ Abubakar MA. Dalam forum tersebut, mengemuka diskusi tentang pentingnya maqasid syariah sebagai ciri khas dan distingsi Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Secara khusus dikatakan bahwa Aceh yang melaksanakan syariat Islam kafah merupakan laboratorium bagi FSH. Dalam hal ini, maqasid syariah cukup potensial dikembangkan dalam metodologi keilmuan FSH. Hal ini akan terlihat pada penelitian dosen dan mashasiswa, antara lain skripsi.

Penulis buku, Jabbar Sabil mengatakan kajian yang dilakukannya telah berlangsung selama 20 tahun. Ia telah mengkaji maqaá¹£id al-syariah sejak S1 saat menulis skripsi, lalu dilanjutkan pada S2, dan S3. Buku ini didedikasikan untuk memudahkan jalan bagi mahasiswa FSH yang berminat mengkaji maqasid syariah.

Menurut pembedah, buku Maqasid Syariah berakar kuat ke dalam tradisi fikih Islam, sebab referensi yang digunakan merujuk langsung pada tokoh-tokoh ulama yang ahli di bidang ini.

Menurut Alyasa Abubakar, buku ini memiliki muatan kajian yang lengkap dibanding buku-buku lain yang membahas topik serupa.

Alyasa’ memberi apresiasi, sebab buku ini ditulis dengan semangat pembaharuan, bukan hanya mengulang apa yang telah dibahas oleh para ulama. Hal baru dari buku ini adalah penggunaan filsafat ilmu sebagai pendekatan.

Secara terpisah, Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry, Dr Kamaruzzaman mengharapkan kegiatan bulanan ini dapat berkontribusi bagi pengembangan ilmiah akademik di kalangan dosen dan mahasiswa FSH. Bahkan kajian-kajian seperti ini bermanfaat bagi Aceh yang menerapkan syariat Islam kafah.

BERITA MINGGUAN

TERBARU

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

1 KOMENTAR

Komentar ditutup.