Ditunjuk sebagai Polisi RW, Bripka Alex Sambangi Warga di Perairan Jungkat

Mempawah – Komandan Speed KP. POL VI-1007 Wilayah Jungkat, Bripka Alex ditunjuk sebagai polisi warga atau Polisi RW. Penunjukan tersebut dianggap penting untuk mempererat silaturahmi dan memperkokoh sinergi antara Polri dengan masyarakat dalam menjaga kamtibmas di perairan.

Tidak menunggu lama, usai ditunjuk sebagai Polisi RW, Bripka Alex langsung menyambangi salah satu warga di lingkungan RW atas nama Sukarmin di perairan Jungkat, Kecamatan Jongkat, Kabupaten Mempawah, Kalbar, Jumat, 11 Agustus 2023.

Dalam kesempatan itu, Alex menjelaskan maksud kehadiran dan statusnya sebagai Polisi RW. Ia menjelaskan, Polisi RW adalah sebutan untuk petugas keamanan yang bertugas di tingkat lingkungan atau rukun warga (RW).

Polisi RW dibentuk untuk meningkatkan komunikasi dengan seluruh elemen masyarakat di tingkat RW. Sehingga, para petugas lebih intensif dalam deteksi dan antisipasi sekaligus mereduksi seluruh permasalahan di masyarakat perairan.

“Tugas utama Polisi RW adalah menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan sekitar, serta membantu masyarakat di perairan bila membutuhkan pertolongan,” jelas personel Polri berbaret biru tersebut kepada awak media, usai menyambangi warga.

Selain itu, kata dia, Polisi RW juga bertugas sebagai mediator dalam menyelesaikan konflik antar warga, melakukan pengawasan terhadap kelancaran jalannya kegiatan di lingkungan sekitar, serta mewujudkan ketertiban dan keamanan.

“Tugas dan tanggung jawab Polisi RW lainnya, seperti patroli lingkungan, pengamanan acara, penyelesaian konflik, dan upaya pencegahan tindak kejahatan di tingkat masyarakat,” ujar Alex, menambahkan.

Alex juga mengajak, agar masyarakat berperan aktif dalam melaporkan segala bentuk tindak kejahatan atau hal-hal yang mencurigakan kepada Polisi RW atau pihak kepolisian terdekat lainnya. **

TERBARU

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT