Breaking News! Abu Daud Lhok Nibong Meninggal Dunia

Banda Aceh – Salah satu ulama kharismatik Aceh, Abu Lueng Angen (Abu Daud Lhok Nibong) meninggal dunia pada pagi Minggu 18 Juni 2022.

Saat meninggal, Abu Lueng Angen yang memiliki nama asli Tgk H M Daud bin Ahmad dalam perawatan intensif di ruang ICU Rumah Sakit Umum Zainal Abidin Banda Aceh.

Kabar meninggalnya Abu Lueng Angen ini disampaikan Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, Tgk H Faisal Ali.

Telah bepulang kerahmatullah Abu Lhok Nibong/Abu lueng Angen (H.M.DAUD BIN AHMAD) pukul 07.30 Minggu 19 Juni 2022 di RSUZA,” demikian tulis Tgk H Faisal Ali di group Tastafi.

Sebelumnya, pagi Minggu, Ayah Cot Trueng juga mengirim pesan memohon doa demi kesembuhan Abu Lueng Angen.

Abu di Lueng Angen adalah anak bungsu dari tiga bersaudara dari Tgk Ahmad bin Abdul Latif dan Dhien. Beliau lahir di Desa Meunasah Leubok, Lhok Nibong, Aceh Timur, pada Maret 1941 M.

Masa hidupnya, kerap disapa dengan Abu Lueng Angen, karena beliau memimpin Dayah Darul Huda di Desa Krueng Lingka, Kecamatan Langkahan, Aceh Utara. Dayah tersebut sering disebut dengan Dayah Lueng Angen.

Menurut sebagian sumber, di samping komplek dayah tersebut dahulu terdapat sebuah lueng (parit/sungai kecil) mati yang di tumbuhi pohon rumbia, sehingga sering terdengar suara daun pohon rumbia yang dihempas angin.

Oleh karena itu, dayah tersebut dikenal dengan Dayah Lueng Angen. Namun sekarang lueng tersebut sudah di timbun untuk perluasan komplek dayah.

Ulama karismatik Aceh ini pada masa hidupnya dikenal sebagai ahli dalam bidang Fiqh dan Qiraah Sab’ah (tujuh macam cara membaca al-Quran). Tidak heran jika santri hasil didikan beliau sangat fasih membaca al-Quran.

TERBARU

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT